Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp 14.175 Per Dollar AS

Kompas.com - 25/06/2020, 16:43 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg, Kamis (25/6/2020), rupiah ditutup pada level Rp 14.175 per dollar AS atau melemah 45 poin (0,32 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.130 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pergerakan rupiah hari ini terdorong oleh kebijakan bauran yang diterapkan pemerintah dan Bank Indonesia tidak berjalan karena adanya tekanan data eksternal, sehingga kepercayaan pasar kembali pudar.

Baca juga: Bergerak Negatif Sepanjang Hari, IHSG Ditutup Merah

Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di level -0,3 persen pada tahun 2020. Namun, IMF memproyeksikan bahwa tahun 2021 produk domestik bruto (PDB) RI diperkirakan kembali mencatatkan pertumbuhan lebih dari 6,1 persen.

“Kepercayaan pasar kembali pudar, sehingga wajar kalau modal asing kembali keluar dari pasar dalam negeri,” kata Ibrahim.

IMF juga memangkas perkiraan output global 2020 karena melihat kerusakan yang lebih dalam dan lebih luas dari pandemi Covid-19. IMF memperingatkan, kegiatan ekonomi bergantung pada faktor waktu (seberapa lama) pandemi Covid-19 terjadi, penerapan aturan jarak sosial, perubahan rantai pasokan global, dan dinamika pasar tenaga kerja baru juga menjadi penyebab perubahan angka.

“Rilis outlook tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah dan Bank Indonesia agar lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan sehingga apa yang ditakutkan oleh IMF tidak terjadi,” kata dia.

Baca juga: Bank Dunia Sarankan Pemerintah Lebih Serius Kendalikan Penggunaan Air Tanah



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X