Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Bandara Soetta Kembali Beroperasi 1 Juli, Jumlah Penumpang Dibatasi

Kompas.com - 26/06/2020, 12:06 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Railink, akan mulai kembali mengoperasikan secara bertahap Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, pada tanggal 1 Juli 2020.

Plt Direktur Utama PT Railink Mukti Jauhari mengatakan, pihaknya akan mengoperasikan 50 perjalanan KA Bandara Soetta setiap harinya.

“Kereta Api Bandara Soekarno- Hatta, Jakarta kembali melayani penumpang mulai 1 Juli 2020 untuk menyediakan akses ke Bandara Soekarno- Hatta dan juga sebagai alternatif akses menuju pusat kota yang lebih aman dan nyaman," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (26/6/2020).

Pada tahap awal, KA Bandara masih akan membatasi jumlah penumpang, yakni 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Baca juga: Ini Perbandingan Tarif 4 Kereta Bandara di Indonesia

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Nomor 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Selain itu Mukti menegaskan, pengoperasian kembali KA Bandara ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020.

“KA Bandara sedang mempersiapkan layanan yang lebih prima ditatanan normal yang baru seperti, penerapan protokol kesehatan bagi seluruh petugas Kereta Api Bandara, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, hand sanitizer, menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta dengan tujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Corona Disease (Covid-19),” tutur Mukti.

Lebih lanjut Mukti menjelaskan, penumpang KA Bandara diwajibkan mengenakan masker, mematuhi physical distancing atau jaga jarak antar penumpang dan akan dilakukan pengukuran suhu tubuh penumpang yang diperbolehkan masuk area stasiun hanya untuk calon penumpang, pendamping dan pengunjung yang memiliki suhu badan maksimal 37,3 derajat celcius.

Kemudian, Railink juga menghimbau para calon penumpang untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat selama di area Stasiun dan di atas KA Bandara seperti mencuci tangan menggunakan air dan sabun, tidak meludah disembarang tempat, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan stasiun kereta api bandara, hindari menyentuh wajah, hindari bersentuhan langsung dengan penumpang lain atau dengan petugas.

Baca juga: Nanti Orang akan Mudah Bawa Koper ke Stasiun Kereta Bandara...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com