13 Manajer Investasi Jadi Tersangka Jiwasraya, Bagaimana Keamanan Dana Nasabah?

Kompas.com - 26/06/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi fraud Thinkstockphotos.comIlustrasi fraud

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan 13 perusahaan manajer investasi sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Korporasi tersebut yakni PT DM atau PT PAJ, PT OMI, PT PPI, PT MD, PT PAM, PT MNC Asset Manajemen, PT MAM, PT GAP Capital, PT JCAM, PT PAAM, PT CC, PT TFI, dan PT SAM.

Munculnya 13 nama manajer investasi yang tercatut dalam kasus Jiwasraya membuat geger dan membuat nasabah bertanya-tanya.

Lantas, apa masih aman dana nasabah yang tersimpan di 13 manajer investasi itu?

Baca juga: Update Jiwasraya: Pejabat OJK Masuk Pusaran hingga Kerugian Rp 16,81 Triliun

Salah satu manajer investasi yang ikut tercatut, yakni Sinarmas Asset Management (SAM) menyatakan, dana nasabah tetap aman. Nasabah bisa betransaksi seperti biasa di manajer investasi itu.

Direktur Sinarmas Asset Management (SAM) Jamial Salim menegaskan, masuknya nama Sinarmas dalam deretan tersangka tidak menganggu operasional perusahaan sama sekali. Untuk itu dia mengimbau nasabah tidak khawatir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dana nasabah tetap aman dan tidak perlu kuatir. Tidak sama sekali (menganggu operasional perusahaan)," kata Jamial kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Sementara itu, MNC Asset Management (MAM) menegaskan, perseroan belum menerima pemberitahuan resmi dari Kejaksaan Agung terkait penetapan tersebut. MAM akan menelaah lebih lanjut penetapan status tersangka ini.

"Secara data-data internal yang ada, kami berpendapat tidak ada pelanggaran hukum yang kami lakukan. Kami akan berkoordinasi dengan konsultan hukum/kuasa hukum untuk melakukan klarifikasi yang diperlukan terhadap penetapan status tersangka ini," ujar perseroan.

Adapun Reksa Dana Syariah Ekuitas II yang dikelola oleh MAM merupakan produk single investor milik Jiwasraya dan tidak terkait dengan produk reksa dana lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.