Baru Kena PHK? Begini Cara Mengatur Uang Pesangon

Kompas.com - 26/06/2020, 21:02 WIB
Ilustrasi gaji, rupiah, pesangon ShutterstockIlustrasi gaji, rupiah, pesangon

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda baru terima uang pesangon PHK? Jangan langsung dihabiskan, begini cara mengelola uang pesangon dari ahli perencana keuangan.

Anda jangan terlalu merana atau berhura-hura untuk menghilangkan kesedihan akibat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hidup Anda belum tamat! Sebaiknya Anda mulai bangkit dari rasa sedih yang melanda. Sebab, Anda masih mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di tempat baru.

Baca juga: Luhut: Tidak Ada yang Mampu Ramalkan Kondisi Ekonomi Saat Ini

Bagaimana hidup saya selama tidak bekerja? Minta uang orang tua gengsi dong!

Budi Raharjo, Financial Planner OneShildt mengatakan Anda tidak perlu meminjam uang dari orang tua apalagi mengajukan utang lewat aplikasi pinjaman online. Sebab, Anda bisa hidup dengan bekal uang pesangon tersebut.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan uang pesangon bisa menjadi sumber kehidupan selama beberapa bulan. Bila Anda mempunyai dana darurat, hidup akan terjamin minimal hingga tiga bulan ke depan.

Baca juga: Menko Airlangga: 10 Juta Orang Butuh Lapangan Pekerjaan

Eh, jangan lantas Anda berleha-leha. Anda harus segera mencari pekerjaan baru. Anda bisa memanfaatkan koneksi untuk mendapatkan info pekerjaan.

Bila beruntung, Anda dapat direkomendasikan koneksi untuk masuk ke perusahaan tempatnya bekerja.

Sebelum sibuk mencari pekerjaan, baiknya Anda mengatur kembali kondisi keuangan. Karena, Anda hanya bergantung dengan pesangon dan tabungan.

Baca juga: Profil Fakhri Hilmi, Petinggi OJK yang Jadi Tersangka Kasus Jiwasraya

Halaman:


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X