ETF Indonesia Tertinggi di ASEAN

Kompas.com - 28/06/2020, 12:54 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham

JAKARTA, KOMPAS.com – Pekan ini, reksa dana indeks atau Exchange-Traded Fund ( ETF) ke-7, resmi tercatat di PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Produk tersebut antara lain, Reksa Dana Indeks Premier ETF Index IDX30 dengan kode ETF XIID yang diterbitkan PT Indo Premier Investment Management (IPIM).

Dengan pencatatan ETF XIID, maka total produk ETF yang tercatat di BEI sebanyak 45 ETF yang sekaligus menjadi yang tertinggi di ASEAN.

Baca juga: Menimbang Untung Rugi Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Obligasi

Komitmen BEI untuk terus menumbuhkan produk berbasis Local Index, didukung oleh 22 Manajer Investasi Penerbit ETF, dan 7 Dealer Partisipan ETF di Pasar Modal Indonesia.

Adapun nilai transaksi ETF secara keseluruhan juga terus menunjukkan peningkatan yang signifikan pada beberapa tahun terakhir, dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 55 persen sejak 2016 sampai dengan 2019.

“Meskipun mengalami penurunan di Maret 2020 akibat pandemi Covid-19, rata-rata transaksi harian ETF mengalami peningkatan sampai dengan Februari 2020 sebesar Rp130,82 miliar per hari,” kata Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono, melalui siaran media, Minggu (28/6/2020).

Adapun beberapa agenda BEI selama sepekan termasuk pencatatan Obligasi Berkelanjutan I Bali Tower tahap I Tahun 2020 yang diterbitkan oleh PT Bali Towerindo Sentra Tbk dengan nominal Rp 554 miliar dengan tingkat bunga 10,25 persen dan jangka waktu 3 tahun

Baca juga: Mau Investasi Saat Pandemi, Pilih Reksa Dana Atau Obligasi?

Sepanjang tahun 2020, total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat berjumlah 31 Emisi dari 26 perusahaan tercatat senilai Rp 27,41 triliun.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X