Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coca-Cola hingga Honda, Daftar Perusahaan yang Stop Iklan di Facebook

Kompas.com - 29/06/2020, 18:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN

NEW YORK, KOMPAS.com - Daftar perusahaan yang menyatakan bergabung dalam aksi boikot iklan di media sosial Facebook kian panjang.

Dikutip dari CNN, Senin (29/6/2020), aksi boikot ini merupakan bentuk protes terhadap "kegagalan" Facebook dalam menghentikan penyebaran ujaran kebencian.

Sejumlah koalisi hak asasi manusia (HAM), termasuk Anti-Defamation League (ADL) dan NAACP meluncurkan kampanye #StopHateforProfit, yang mendorong perusahaan-perusahaan besar menunda atau membatalkan iklan mereka di Facebook.

Baca juga: Kenapa Banyak Perusahaan Kompak Boikot Pasang Iklan di Facebook?

Dalam hitungan hari usai kampanye itu diluncurkan, sejumlah perusahaan besar pun memboikot iklan dari Facebook, seperti REI, The North Face, dan Patagonia. Beberapa perusahaan lain pun ikut serta, antara laon Dashlane dan Upwork.

Pada Minggu (29/6/2020), Starbucks yang merupakan pengiklan terbesar keenam di Facebook, turut dalam kampanye itu. Starbucks menyatakan bakal menghentikan sementara iklannya di seluruh media sosial, meski tak secara langsung menyatakan dukungan terhadap kampanye #StopHateforProfit.

"Kami sangat menghargai keputusan brand dan tetap fokus pada tugas penting untuk menghapus ujaran kebencian dan memberikan informasi kritikal. Pembicaraan kami dengan pemasar dan organisasi HAM adalah tentang bagaimana kita bersama dapat menjadi kekuatan kebaikan," kata Carolyn Everson, vice president global business group Facebook.

Berikut ini sejumlah perusahaan yang memutuskan untuk menunda atau membatalkan iklannya di Facebook.

1. Ben & Jerry's

Perusahaan es krim Ben & Jerry's merilis pernyataan dukungan terhadap NAACP, Color of Change, ADL, dan gerakan-gerakan lainnya yang mendesak Facebook mengambil tindakan lebih keras unthk menghentikan platformnya digunakan untuk memecah belah warga AS, menekan pemilih di AS, serta pendukung rasisme dan kekerasan.

"Per 1 Juli kami akan menghentikan sementara iklan berbayar di Facebook dan Instagram di AS sebagai bagian dari kampanye #StopHateforProfit," tulis Ben & Jerry's dalam keterangannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com