Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompak, Rupiah dan IHSG Pagi Menghijau

Kompas.com - 30/06/2020, 09:45 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Selasa (30/6/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.13 WIB rupiah berada pada level Rp 14.172 per dollar AS atau menguat 72 poin (0,51 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.244 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan Kekhawatiran pasar terhadap peningkatan penyebaran virus Covid-19 masih belum sirna.

Baca juga: Saham Facebook Rontok 8 Persen, Ini Penyebabnya

Namun pernyataan Gubernur The Fed yang berencana mempertahankan suku bunga rendah dalam waktu lama akan menambah sentimen positif asset berisiko.

“Pagi ini sebagian aset berisiko kelihatan positif karena adanya komentar tertulis Gubernur the Fed yang mengatakan akan mempertahankan suku bunga sangat rendah dalam jangka waktu yang lama untuk membantu memulihkan ekonomi,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Sementara itu, rilis data indeks aktivitas manufaktur dan non-manufaktur China pada bulan Juni, menunjukan terjadinya peningkatan aktivitas.

“Tarik menarik sentimen positif dan negatif ini bisa membuat rupiah bergerak mengalami pelemahan atau penguatan yang tipis hari ini,” jelas Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.150 per dollar AS sampai dengan Rp 14.300 per dollar AS.

Sementara itu di Bursa Efek Indonesia,  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini berada di zona hijau.

Melansir data RTI, pukul 09.09 WIB, IHSG berada pada level 4.923,48 atau naik 21,66 poin (0,44 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 4.901,81.

Sebanyak 205 saham melaju di zona hijau dan 58 saham di zona merah. Sedangkan 105 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 727,3 miliar dengan volume 628 juta saham.

Baca juga: Ada Faktor Window Dressing, IHSG Diprediksi Menguat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com