Wamen BUMN Targetkan LinkAja Bisa Salurkan Kredit ke UMKM pada 2021

Kompas.com - 30/06/2020, 12:29 WIB
Ilustrasi LinkAja LinkAjaIlustrasi LinkAja

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menargetkan PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) alias LinkAja bisa menyalurkan kredit kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM) pada tahun 2021.

Hal tersebut diungkapkan pria yang akrab disapa Tiko tersebut dalam acara K-Talk yang tayang di YouTube Kompas.com, Selasa (30/6/2020.

“Ini yang kita harapkan setahun ke depan LinkAja masuk ke sana juga. Jadi tidak hanya memfasilitasi transaksi keuangan digital, tapi juga memfasilitasi kredit UMKM,” ujar Tiko.

Baca juga: BGR Logistics Gandeng LinkAja untuk Berdayakan UMKM

Tiko menambahkan, saat ini ada beberapa BUMN yang fokus untuk memberikan kredit bagi para UMKM. Misalnya, BRI, Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Ke depannya, Tiko menginginkan pencairan kredit bagi para pelaku UMKM bisa menggunakan platform digital seperti LinkAja.

“Saat ini kita sedang testing dengan LinkAja, bagaimana nanti proses-proses pencairan kredit bisa melalui LinkAja. Sehingga mereka (UMKM) tidak harus melakukan interaksi fisik dengan cabang-cabang BRI dan Pegadaian,” kata Tiko.

Tiko berharap ke depannya LinkAja tak hanya jadi platform pembayaran saja. Dia mau LinkAja masuk ke ranah layanan keuangan.

Linkaja untuk ekosistem transportasi dan pembayaran sudah berjalan. Next level-nya setelah ulang tahun pertama ini ekosistem financing-nya. Ini akan kita bangun. Di umur kedua harapannya ekosistem financingnya mulai masuk,” ucap dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X