Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Bank BUMN Salurkan Kredit Rp 30 Triliun Dana Pemerintah Pekan Ini

Kompas.com - 30/06/2020, 13:43 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pada pekan ini empat bank Himbara yang mendapat penempatan dana Rp 30 triliun dari pemerintah akan mulai menyalurkan kreditnya ke masyarakat.

Adapun bank-bank pelat merah yang ditunjuk sebagai bank peserta dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yakni BRI, Mandiri, BNI dan BTN.

“Nah ini sedang kita, ada program dari Kemenkeu, kita ada program modal kerja dari pemerintah yang di provide oleh bank Himbara. Kemarin sudah Rp 30 triliun dan akan di leverage sampai Rp 90 triliuun. Nah ini mulai minggu ini kita akan pasarkan,” ujar pria yang akrab disapa Tiko dalam acara K-Talk, Selasa (30/6/2020).

Baca juga: Wamen BUMN Prediksi Ekonomi RI Mulai Bangkit di Kuartal III 2020

Tiko menjelaskan, upaya yang ditempuh pemerintah itu semata-mata untuk membangkitkan perekonomian nasional yang terpukul karena pandemi Covid-19.

Dia berharap dengan adanya bantuan dari pemerintah itu para pengusaha yang usahanya terdampak Covid-19 bisa kembali bangkit.

“Kalau ada dana segar ini, plus dijamin, itu diharapkan di kuartal III pertumbuhan kredit mulai meningkat. Walaupun memang tidak akan kembali ke pola normal 10-15 persen, mungkin di level 3-9 persen sudah bagus,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan masing-masing bank akan menyalurkan kredit-kredit di sektor riil dengan jangka waktu berbeda yang disepakati, yakni 3 bulan dan 6 bulan ke depan.

Baca juga: Bank BUMN Pakai Dana Rp 30 Triliun dari Pemerintah untuk Salurkan Kredit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com