KILAS

Dukung UMKM di Masa New Normal, Grab Luncurkan Program #TerusUsaha

Kompas.com - 30/06/2020, 21:30 WIB
Peluncuran program #TerusUsaha dari Grab Indonesia yang digelar secara daring, Selasa (30/6/2020) KOMPAS.com/ADITYA MULYAWANPeluncuran program #TerusUsaha dari Grab Indonesia yang digelar secara daring, Selasa (30/6/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mendukung kemajuan usaha kecil mikro dan menengah ( UMKM) di tengah pandemi Covid-19, Grab Indonesia meluncurkan program #TerusUsaha. Program itu diluncurkan secara daring melalui aplikasi Zoom, Selasa (30/6/2020).

Pada peluncuran tersebut, turut hadir Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ( Kemenkop dan UKM) Victoria Simanungkalit, dan Staf Ahli Pengawasan Pajak Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti.

Adapun #TerusUsaha merupakan rangkaian program yang didedikasikan untuk membantu UMKM agar dapat beradaptasi dan berkembang di tengah situasi new normal. Program itu mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, 87 persen UMKM masih berjualan secara offline. Padahal, saat ini dunia semakin bergantung pada dunia digital, terutama di tengah situasi pandemi.

“Mereka (pelaku UMKM) harus menguasai teknologi dan mulai digitalisasi bisnisnya agar tidak tertinggal,” ujar dia.

Baca juga: Dorong Transformasi UMKM ke Digital, Grab Luncurkan GrabMerchant

Ridzki menambahkan, #TerusUsaha adalah bagian dari komitmen GrabForGood yang bertujuan untuk memberikan akses teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital bagi para pelaku UMKM.

Di samping itu, ujar Ridzki, program tersebut adalah bentuk dukungan Grab terhadap program #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan Presiden Joko Widodo untuk digitalisasi UMKM yang masih berjualan offline.

“Sebanyak 70.000 merchant dan agen baru sudah bergabung sebagai bagian dari Bangga Buatan Indonesia. Selain itu, sebanyak 32.000 pedagang pasar tradisional juga telah terdigitalisasi oleh GrabMart dan GrabAsistant,” imbuhnya.

Sementara itu, Airlangga Hartarto pada sambutannya mengatakan, perlu kerja sama antara sektor swasta dan sektor publik dalam membantu Indonesia melalui masa pandemi.

“Dibutuhkan kerja sama yang solid dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa untuk bergerak maju dan bangkit sebagai kesatuan,” jelasnya.

Baca juga: Kinerja UMKM Terhambat Pandemi, Grab Dukung Program #BanggaBuatanIndonesia

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X