Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Melemah Pagi Ini

Kompas.com - 01/07/2020, 09:47 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (1/7/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.13 WIB rupiah berada pada level Rp 14.290 per dollar AS atau melemah 25 poin (0,18 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.265 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah hari ini terdorong oeh sentimen negatif meningkatnya gelombang kedua Covid-19 yang berpotensi memperlambat ekonomi.

Baca juga: Aturan Pajak Digital Berlaku, Siap-siap Biaya Langganan Netflix dkk Naik

“Sentimen negatif, kekhawatiran melambatnya pemulihan ekonomi karena masih meningginya kasus Covid-19 masih akan menekan pergerakan aset berisiko,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, pengesahan Undang-undang keamanan Hong Kong berpotensi meningkatkan ketegangan antara AS dan China yang juga akan memberikan sentimen negatif pada pergerakan aset berisiko.

“Rupiah bisa tertekan dengan sentimen negatif tersebut,” kata dia.

Baca juga: Sepak Terjang Orias, Dirut Inalum yang Diusir Anggota Dewan Saat Rapat

Sementara itu, pasar saat ini masih menantikan rilis data inflasi Indonesia untuk bulan Juni 2020. Apabila menunjukan angka yang lebih rendah di bawah 2 persen YoY, maka ini mengindikasikan aktivitas ekonomi Indonesia melambat, dan bisa memberikan sentimen negatif ke rupiah.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini bisa kembali melemah, dengan kisaran Rp 14.150 per dollar AS sampai dengan Rp 14.330 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Dibuka Pada Zona Hijau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com