Rupiah Melemah Pagi Ini

Kompas.com - 01/07/2020, 09:47 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (1/7/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.13 WIB rupiah berada pada level Rp 14.290 per dollar AS atau melemah 25 poin (0,18 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.265 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah hari ini terdorong oeh sentimen negatif meningkatnya gelombang kedua Covid-19 yang berpotensi memperlambat ekonomi.

Baca juga: Aturan Pajak Digital Berlaku, Siap-siap Biaya Langganan Netflix dkk Naik

“Sentimen negatif, kekhawatiran melambatnya pemulihan ekonomi karena masih meningginya kasus Covid-19 masih akan menekan pergerakan aset berisiko,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, pengesahan Undang-undang keamanan Hong Kong berpotensi meningkatkan ketegangan antara AS dan China yang juga akan memberikan sentimen negatif pada pergerakan aset berisiko.

“Rupiah bisa tertekan dengan sentimen negatif tersebut,” kata dia.

Baca juga: Sepak Terjang Orias, Dirut Inalum yang Diusir Anggota Dewan Saat Rapat

Sementara itu, pasar saat ini masih menantikan rilis data inflasi Indonesia untuk bulan Juni 2020. Apabila menunjukan angka yang lebih rendah di bawah 2 persen YoY, maka ini mengindikasikan aktivitas ekonomi Indonesia melambat, dan bisa memberikan sentimen negatif ke rupiah.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini bisa kembali melemah, dengan kisaran Rp 14.150 per dollar AS sampai dengan Rp 14.330 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Dibuka Pada Zona Hijau

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X