Kompas.com - 01/07/2020, 12:27 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai hari ini, transaksi kartu kredit di Indonesia wajib menggunakan PIN (Personal Identification Number) sebanyak enam digit saat melakukan transaksi.

Hal ini sesuai mandat Bank Indonesia (BI), yakni mulai 1 Juli 2020, dimana autentikasi melalui tanda tangan tidak akan lagi diterima.

Sebelumnya beberapa perusahaan perbankan dan provider penerbit kartu kredit secara gencar melakukan sosialisasi penggunaan PIN untuk memudahkan transaksi secara elektronik.

Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) juga melakukan sosialisasi kepada para pemegang kartu kredit dalam kampanye WAJIPIN untuk mendorong pemegang kartu kredit segera mengaktifkan PIN kartu kredit.

Baca juga: Simak, Berikut 4 Cara Aktivasi PIN Kartu Kredit BRI

Dalam aturan ini, semua transaksi kartu kredit yang tidak menggunakan autentikasi PIN akan langsung ditolak oleh mesin Electronic Data Capture (EDC) di merchant.

Transaksi kartu kredit dengan menggunakan PIN juga dinilai lebih aman karena mengurangi potensi pembobolan dana oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau skimming.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.