Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Wajib PIN Kartu Kredit Mulai Berlaku

Kompas.com - 01/07/2020, 12:27 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai hari ini, transaksi kartu kredit di Indonesia wajib menggunakan PIN (Personal Identification Number) sebanyak enam digit saat melakukan transaksi.

Hal ini sesuai mandat Bank Indonesia (BI), yakni mulai 1 Juli 2020, dimana autentikasi melalui tanda tangan tidak akan lagi diterima.

Sebelumnya beberapa perusahaan perbankan dan provider penerbit kartu kredit secara gencar melakukan sosialisasi penggunaan PIN untuk memudahkan transaksi secara elektronik.

Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) juga melakukan sosialisasi kepada para pemegang kartu kredit dalam kampanye WAJIPIN untuk mendorong pemegang kartu kredit segera mengaktifkan PIN kartu kredit.

Baca juga: Simak, Berikut 4 Cara Aktivasi PIN Kartu Kredit BRI

Dalam aturan ini, semua transaksi kartu kredit yang tidak menggunakan autentikasi PIN akan langsung ditolak oleh mesin Electronic Data Capture (EDC) di merchant.

Transaksi kartu kredit dengan menggunakan PIN juga dinilai lebih aman karena mengurangi potensi pembobolan dana oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau skimming.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com