Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Cara Dapatkan Token Gratis Dari PLN

Kompas.com - 01/07/2020, 13:49 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) kembali memberikan token gratis bagi pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA subidi. Hal ini sejalan dengan program pemberian insentif pemerintah kepada masyarakat miskin dan rentan miskin yang baru akan berakhir pada September mendatang.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, klaim token gratis bulan Juli bagi pelanggan yang mendapatkan stimulus tersebut, sudah mulai dapat dilakukan kembali.

"Ada 5 (cara) yang bisa dilakukan untuk mendapatkan token gratis," katanya dalam konferensi pers virtual BNPB, Rabu (1/7/2020).

Baca juga: Ini Cara Klaim Token Listrik Gratis Lewat WhatsApp dan Situs Web PLN

Cara pertama yang dapat dilakukan pelanggan ialah dengan mengakses website resmi PLN, yakni, www.pln.co.id. Setelah masuk ke website, pelanggan dapat langsung memilih menu pelanggan, kemudian klik pilihan stimulus Covid-19.


"Hanya tinggal memasukan ID pelanggan, kalau tidak punya ID pelanggan ada nomor meternya. Kemudian token gratis akan ditampilakn di layar, dicapture, token gratis ini dimasukan angkanya ke dalam kWh meter kita," tuturnya.

Kemudian, pelanggan juga dapat mengklaim token gratis melalui WhatsApp, di nomor 0812-2123-123. Pelanggan hanya perlu mengirim pesan ke nomor tersebut, lalu ikuti instruksi yang telah disiapkan.

Apabila tidak dapet mengakses website dan WhatsApp yang telah disediakan, Bob menjelaskan, pelanggan bisa mendatangi pejabat daerah terdekat untuk dimintai bantuan.

Ia memastikan, PLN telah melakukan koordinasi dengan pejabat daerah untuk memfasilitasi pelanggan yang tidak dapat mengakses internet.

Baca juga: Dicecar DPR soal Rugi Rp 38 Triliun, Ini Kata Bos PLN

"Mereka akan dibantu oleh pemerintah daerah setempat melalui petugasnya. Para pelanggan tingal mendatangi aparat desa terdekat, dan aparat desa ini akan me-log on kepada website PLN atau WhatsApp, dan (nomor token) akan diberikan kepada pelanggan," tuturnya.

Selain itu, pelanggan juga dapat menghubungi langsung contact center PLN, di nomor 123. Pelanggan hanya perlu menyampaikan data yang diperlukan, seperti nomor meter listrik.

Terakhir, Bob menyebutkan, seluruh kantor unit layanan PLN siap memfasilitasi pemberian token gratis bagi pelanggan yang datang langsung.

"Kita memiliki 857 unit layanan, ditambah 117 unit pelayanan pusat yang bisa dikunjungi para pelanggan. Para pelanggan yang bisa mengkaim stimulus ini pergi ke kantor PLN terdekat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com