PSBB Transisi Diperpanjang, Rupiah Ditutup Melemah

Kompas.com - 02/07/2020, 17:17 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg Kamis (2/7/2020) rupiah ditutup pada level Rp 14.378 per dollar AS. Rupiah melemah 95 poin sebesar 0,67 persen dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.283 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pelemahan rupiah terjadi akibat carut marut kebijakan yang menjadi sentimen negatif di pasar keuangan.

Baca juga: Melemah, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

Pasar kembali gusar karena masa transisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diperpanjang, setelah sempat optimis dengan masa transisi yang berakhir pada 2 Juli 2020.

Padahal saat new normal ekonomi kembali menggeliat dari sektor ekonomi yang tercermin dalam rilis Purchasing Manaer Index (PMI) Manufaktur Indonesia menempati level 39,1 atau naik 10 poin dibanding Mei yang berada di angka 28,6.

“Diapit oleh sentimen negatif dan positif, pasar sepertinya agak bingung menentukan sikap. Sehingga wajar kalau arus modal asing kembali mengalir luar pasar,” kata Ibrahim.

Sementrara dari sisi ekternal, sentimen positif datang dari penemuan obat Covid-19. BioNTech melakukan uji coba pada 24 relawan, dan setelah 28 hari terlihat ada peningkatan antibodi untuk melawan virus Covid-19.

Baca juga: Rupiah Pagi Ini Dibuka Melemah

“Kabar tersebut membuat pelaku pasar sedikit optimistis bahwa masih ada jalan untuk melawan pandemi virus corona. Memang butuh waktu untuk mendistribusikan vaksin ke seluruh dunia, tetapi bukan berarti tidak ada solusi sama sekali,” tambah dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X