Kadin: Permintaan Keringanan Kredit Bisa Tembus Rp 2.500 Triliun

Kompas.com - 02/07/2020, 20:31 WIB
Ketum Kadin Rosan Rina Ayu LarasatiKetum Kadin Rosan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri ( KADIN) memprediksi total permintaan restrukturisasi kredit bisa mencapai Rp 2.500 triliun hingga akhir tahun. Dengan catatan, pemerintah lamban mengimplementasi proses restrukturisasi.

Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani merasa, sejauh ini langkah yang diambil pemerintah untuk mempercepat stimulus ke sektor riil agak lambat.

"Kalau tidak ada langkah konkret, restrukturisasi bisa berkembang menjadi 40-50 persen dari total lending perbankan, bisa mencapai angka kurang lebih Rp 2.500 triliun pada akhir tahun," kata Rosan dalam konferensi video, Kamis (2/7/2020).

Baca juga: Pengusaha Minta Restrukturisasi Kredit Diperpanjang Lebih dari 1 Tahun

Adapun saat ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah meminta keringanan kredit sebesar Rp 1.100 triliun atau sekitar 50 persen dari total kredit perbankan. Namun hanya sekitar Rp 500 triliun lebih yang telah disetujui mendapat keringanan.

Secara total, Rosan merinci pelaku usaha yang telah meminta restrukturisasi kredit telah mencapai level Rp 1.350 triliun alias 25 persen dari total kredit perbankan yang sebesar Rp 5.700 triliun.

Dari total Rp 1.350 triliun, perbankan telah mneyetujui sekitar Rp 695 triliun. Hingga akhir tahun, permintaan kemungkinan bertambah hingga Rp 2.500 - Rp 2.800 triliun.

Baca juga: Selain Indonesia, Ada 6 Negara Lain yang Naik Kelas Menurut Bank Dunia

"Ini sesuai dengan yang kami prediksi, dalam waktu yang relatif singkat tekanan terhadap dunia usaha sangat besar. Oleh sebab itu diperlukan langkah-langkah yang cepat," pungkas Roslan.

Sebagai informasi, sampai tanggal 22 Juni 2020, OJK mencatat total restrukturisasi yang disalurkan oleh perbankan mencapai Rp 695,34 triliun.

Angka tersebut disalurkan untuk UMKM sebanyak Rp 307,8 triliun dan sisanya untuk sektor non-UMKM sekitar Rp 387,52 triliun.

Baca juga: Buwas Pede RI Tak Perlu Impor Beras Hingga Akhir Tahun



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X