Melemah, Rupiah Kembali Dekati Rp 14.500 Per Dollar AS

Kompas.com - 03/07/2020, 09:40 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (3/7/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.09 WIB rupiah berada pada level Rp 14.468 per dollar AS.

Rupiah melemah 90 poin atau 0,63 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.378 per dollar AS.

Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang, Rupiah Ditutup Melemah

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan sentimen negatif masih membayangi pergerakan aset berisiko. Pasar khawatir dengan penularan Covid-19 yang terus meninggi.

“Rupiah masih berpeluang melemah hari ini dengan sentimen negatif tersebut. Apalagi sejumlah aktivitas ekonomi dibatasi di beberapa negara yang mengalami kenaikan kasus Covid-19, termasuk Indonesia.

Adapun peningkatan kasus Covid-19 terjadi di beberapa negara yang lebih dulu membuka ekonominya seperti AS, China, Jerman, Korsel, dan sebagainya.

Di Indonesia, kenaikan kasus Covid-19, juga masih meningkat dengan laju yang tidak berbeda dari negara lainnya.

Baca juga: Melemah, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

Sementara itu, ketegangan hubungan antara AS dan China terkait pemberian sanksi ke pejabat China yang menyetujui Undang-Undang keamanan Hong Kong oleh Kongres AS, juga menambah sentimen negatif.

Pergerakan rupiah juga akan terdorong oleh membaiknya data tenaga kerja AS Non-farm Payroll yang memberikan sentimen positif kepada aset berisiko. Data ini bisa menahan pelemahan rupiah tidak terlalu dalam.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.250 per dollar AS sampai dengan Rp 14.430 per dollar AS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X