Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Tantang BNI Bisa Jadi Bank Skala Internasional

Kompas.com - 03/07/2020, 10:23 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku telah memberi tantangan kepada jajaran direksi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk bisa menjadi bank berskala internasional.

BNI saya challenge, saya harap BNI menjadi source of international funding. Contoh saja, mohon maaf ini baru permikiran saya, kalau BNI terus compete sama Bank Mandiri dan lain-lain apa bedanya? Saya harap BNI ini menjadi international banking kita,” ujar Erick dalam diskusi virtual, Kamis (2/7/2020) malam.

Erick menambahkan, saat ini BNI telah menapakkan kakinya di Hong Kong dan New York. Dia menginginkan, ketika perusahaan dalam negeri ingin mengakuisisi perusahaan asing, BNI bisa terlibat dalam pendanaannya.

Baca juga: New Normal, BNI Siap Ubah Outlet Konvensional Jadi Digital

“Ketika banyak pengusaha akuisisi perusahaan luar negeri, di-support bank lokal dengan catatan dalam 3-4 tahun bisa di-refinance. Hal ini banyak sekali sekarang, apalagi banyaknya pengusaha Indonesia yang berupaya global. Ini yang kita harapkan,” kata dia.

Mantan bos Inter Milan itu menjelaskan, hal tersebut sudah terjadi di China. Dia menceritakan, ada perusahaan tekstil asal China yang mengakuisis perusahaan asal Swiss dengan menggunakan pendanaan dari bank lokal.

“Contoh kemarin saya pelajari perusahaan di China jago tekstil dia akuisisi perusahaan chemical di Swiss yang bikin benangnya Nike. Itu diakuisisi oleh perusahaan China, funding pertama juga dari China,” ucap dia.

Ke depannya, Erick menginginkan Bank Himbara bergerak di kelasnya masing-masing. Misalnya, BRI akan fokus untuk memberikan kredit kepada pelaku UMKM.

Sedangkan Bank Mandiri, akan fokus memberikan pendanaan kepada korporasi.

Baca juga: Ekspansi Kredit Rp 90 Triliun, Bank BUMN Bagi-bagi Sektor

“Saya harap bank-bank bersaing dengan sehat, tapi dengan segmen pasar jelas. Contohnya BTN, saya support dia menjadi bank fokus pada perumahan, apakah dengan konsep mendorong mereka bersinergi dengan KAI untuk TOD, atau (dengan) Perumnas,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com