Kompas.com - 03/07/2020, 12:04 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (3/7/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 10.00 WIB, nilai tukar rupiah sudah berada di level Rp 14.545 per dollar AS.

Rupiah melemah 167,5 poin atau sekitar 1,16 persen dari penutupan di level Rp 14.377 pada Kamis (2/7/2020).

Baca juga: Melemah, Rupiah Kembali Dekati Rp 14.500 Per Dollar AS

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, pelemahan rupiah selama 2-3 hari terakhir hingga pagi ini disebabkan oleh faktor regional.

Dia melihat, rupiah menjadi salah satu mata uang paling terpuruk di kawasan akibat masalah-masalah yang muncul di domestik.

"Misalnya ada second wave (gelombang kedua) Covid-19, kemudian ada isu beredar dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tentang burden sharing (bagi-bagi beban) berakibat rupiah sampai pagi ini tertekan," kata Dody dala konferensi video, Jumat (3/7/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dody menuturkan, pelemahan nilai tukar mencapai level Rp 14.500 harus dilakukan stabilisasi secara tepat oleh Bank Indonesia (BI). Namun secara fundamental, rupiah masih undervalued.

Baca juga: Tembus Rp 14.500 Per Dollar AS, Berikut Kurs Rupiah di 5 Bank

Sementara itu, indeks volatilitas (Volatility Index/VIX) berada pada level yang masih relatif tinggi, yakni level 34 dibanding sebelum Covid-19 yakni di level 19.

"Ini artinya masih menggambarkan risiko itu masih ada, tapi sedikit melandai. Kalau kita lihat, cash is the king masih ada walau tidak sebesar bulan Maret," ucap Dody.

Berita baiknya, cadangan devisa RI sudah meninggi berada di atas 130 miliar dollar AS. Jika diperlukan, Bank Indonesia masih memiliki bantalan untuk term repo kepada The Fed.

"Seperti kita tahu semua negara mencari repo line dengan negara-negara maju," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.