Tak Hanya RI, Negara-negara Ini Juga Terapkan Burden Sharing antara Pemerintah dan Bank Sentral

Kompas.com - 06/07/2020, 19:21 WIB
ilustrasi rupiah thikstockphotosilustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) sepakat untuk melaksanakan skema pembagian beban atau burden sharing dalam rangka pembiayaan penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun menjelaskan, tidak hanya Indonesia saja yang melakukan burden sharing antara otoritas fiskal dan moneter dalam menangani pandemi.

Beberapa negara yang menurutnya juga melakukan burden sharing antara otoritas fiskal dan moneter adalah Chili, Kolumbia, Hungaria, India, dan Korea Selatan. Selain itu juga Meksiko, Polandia, Filipina, Afrika Selatan, dan Turki serta Thailand juga melakukan hal serupa.

"Seperti yang dilakukan dari berbagai laporan, banyak negara yang melakukan burden sharing atau kerja sama antara fiskal dan moenter dalam mengelola dampak Covid-19 terhadap perekonomian," jelas Sri Mulyani dalam video conference, Senin (6/7/2020).

Baca juga: Berbagi Beban dengan Pemerintah, BI akan Beli SBN Rp 397 Triliun di 2020

Lebih lanjut Bendahara Negara itu menjelaskan, di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang, bank sentralnya melakukan kebijakan pelonggaran kuantitatif yang lebih maju.

Pembagian beban antara pemerintah dengan bank sentral pun bukan hal baru yang dilakukan oleh pemerintah.

Di Indonesia misalnya, Sri Mulyani mengatakan sudah pernah dilakukan pada tahun 1998 ketika bank sentral melakukan bail out besar-besaran terhadap industri perbankan yang sempat kolaps.

Selain itu, pada krisis ekonomi 2007-2008 hal skema burden sharing juga diterapkan oleh banyak negara di dudnia.

"Untuk emerging market termasuk Indonesia, kami melakukan secara hati-hati karena kami paham situasi yang dilakukan emerging market berbeda dengan kondisi negara yang sudah sangat maju," jelas dia.

Untuk diketahui, melalui skema burden sharing, Bank Indonesia bakal melakukan pembelian surat utang pemerintah, baik melalui private placement maupun pembelian di pasar primer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X