Luhut Sampaikan Program dan Target Penyaluran Modal Kerja UMKM

Kompas.com - 07/07/2020, 15:49 WIB
Kewenangan untuk mengelola wilayah laut sampai 12 mil, sesuai UU Potensi Pendapatan Daerah yang diajukan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membuahkan hasil. KOMPAS.COM/HADI MAULANAKewenangan untuk mengelola wilayah laut sampai 12 mil, sesuai UU Potensi Pendapatan Daerah yang diajukan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membuahkan hasil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan sejumlah program stimulus pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Salah satunya, penyaluran pinjaman modal kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM) sebesar Rp 317 triliun yang akan disalurkan ke 60,6 juta rekening nasabah pelaku usaha tersebut.

"Pemerintah fokus membantu sektor UMKM setidaknya ada tiga program. Pertama, bersama OJK mendorong rekstrukturisasi pinjaman UMKM yang saat ini nilainya mencapai Rp 317 triliun, dengan jumlah debitur 5,3 juta," ujarnya dalam peluncuran Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM secara daring, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Baru 4 Bank yang Ajukan Klaim Dana PEN untuk UMKM

"Subsidi bunga UMKM yang akan meng-cover 60,6 juta rekening nasabah dengan nilai subsidi sebesar Rp 35 triliun," ujar Luhut menambahkan.

Luhut juga mengatakan, pemerintah akan membantu 80 persen penjaminan modal kerja UMKM. Oleh sebab itu, pemerintah menargetkan penyaluran modal kerja UMKM ini bisa tersalurkan sebesar Rp 100 triliun hingga tahun 2021.

"Presiden meminta ini supaya segera turun ke bawah. Turun kepada yang berhak menerima," ucapnya.

Mantan Satgas Tempur Koppasus ini juga menyampaikan, selama satu bulan ini pemerintah telah mendorong banyak sekali online on branding dengan UMKM.

Sebelumnya, sebanyak 8 juta UMKM telah bergabung dalam program online, 5 minggu terakhir bertambah lebih dari 800.000 peserta.

"Ini suatu langkah yang sangat bagus. Dan kita sadar bahwa UMKM ini backbone Indonesia," ujarnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X