KILAS

Mulai Hari Ini, Pelanggan Jaringan TelkomGroup Bisa Akses Netflix

Kompas.com - 07/07/2020, 16:32 WIB
Logo Telkom Indonesia. DOK. TelkomLogo Telkom Indonesia.

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Selasa (7/7/2020), pelanggan jaringan TelkomGroup yang meliputi IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id sudah bisa mengakses konten-konten Netflix.

“Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkembangkan bisnis digital dan menjaga excellent customer experience TelkomGroup,” kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo, di Jakarta, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Sebelumnya, pemerintah atau regulator sempat memberi masukan kepada Netflix. Masukan tersebut pun diterima Netflix dengan iktikad baik.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia. Maka dari itu, TelkomGroup memberi kesempatan kepada pelanggan untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” kata Arif.

Baca juga: Blokir Sejak 2016 Akhirnya Dibuka Telkom, Ini Tanggapan Netflix

Pendekatan yang dimaksud Arif adalah penyediaan sistem pembatasan akses tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur (parental control), serta mekanisme penanganan keluhan pelanggan dalam waktu 24 jam atau sesuai kurun waktu yang ditentukan pihak berwenang.

Kemudian, Netflix juga menyepakati komitmen kepatuhan pada Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN, yang salah satu poinnya adalah tidak menayangkan prohibited content.

Adapun prohibited content adalah konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme, melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

TelkomGroup pun berharap, ke depannya Netflix dapat berperan pada kemajuan perfilman nasional.

Baca juga: Telkom IndiHome dan Telkomsel Resmi Buka Blokir Netflix

“Salah satu caranya dengan memperbanyak tayangan konten lokal,” kata Arif.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X