Jika Jadi UU, Redenominasi Baru Bisa Terlaksana Penuh pada 2035

Kompas.com - 09/07/2020, 12:36 WIB
Ilustrasi rupiah KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengusulkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perubahan Harga Rupiah atau Redenominasi dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2020-2024.

Jika nantinya RUU tersebut akhirnya menjadi Undang-Undang, maka masih dibutuhkan waktu hingga bisa diimplementasikan secara penuh.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto menjelaskan, bisal RUU tersebut akhirnya ditetapkan pada 2024, maka setidaknya dibutuhkan waktu 11 tahun untuk bisa diberlakukan secara penuh.

Baca juga: Agar Tak Salah Kaprah, Redenominasi Perlu Sosialisasi Terus-menerus

Artinya, redenominasi rupiah baru benar-benar terimplementasi pada tahun 2035 mendatang.

"Ada beberapa tahapan yang akan dilakukan sebelum implementasi penuh," jelas Andin dalam pesan singkat, Kamis (9/7/2020).

Dia pun merinci, agar redenominasi bisa diberlakukan secara penuh, diperlukan masa persiapan dua tahun dengan masih menggunakan mata uang rupiah lama.

Selain itu, masa transisi yang diberlakukan akan memakan waktu lima tahun. Pada tahapan transisi, akan ada parelisasi pertama antara rupiah lama dengan rupiah baru.

Kemudian, akan dilakukan parelisasi tahap kedua yang diperkirakan bakal memakan waktu empat tahun. Di mana uang rupiah yang digunakan adalah rupiah transisi dan rupiah baru.

Baca juga: Sri Mulyani Usulkan Redenominasi Rupiah Masuk Prolegnas 2020-2024

Baru akhirnya, redenominasi atau harga rupiah yang baru bisa mulai diberlakukan.

Untuk diketahui, dalam redenominasi yang dirancang dalam RUU Redenominasi akan dilakukan pemotongan tiga digit angka 0.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X