Kompas.com - 09/07/2020, 15:30 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Dok KEMENTERIAN KUKMMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki untuk menaikkan kegiatan ekspor akan produk-produk yang dimiliki oleh Usaha Mikro Kecil dan Mengah (UMKM) hingga 2 kali lipat.

"Saat ini dari target yang ditugaskan oleh presiden, baru 14 persen yang tercapai. Oleh sebab itu kami juga akan fokus kedepan untuk melakukan pemberdayaan para UMKM yang memiliki produk-produk spesial untuk di eksport," ujar Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, dalam diskusi virtual, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, Teten juga mengatakan, pihaknya membutuhkan dukungan dengan melakukan berbagai kolaborasi baik itu antar kementerian, lembaga, dunia usaha serta seluruh akademisi.

Baca juga: Simak, 3 Cara Jitu agar Pelaku UMKM Bisa Tembus Pasar Ekspor

Dengan adanya kolaborasi yang dilakukan ini, ia berharap seluruh rencana yang akan diinisiasi untuk mendorong target yang tugaskan oleh presiden, bisa terlaksana dengan baik. Sehingga diharapkan ke depannya seluruh produk-produk UMKM bisa dipastikan bisa masuk ke pasar tradisional dan pasar global.

"Saya ingatkan bahwa saat ini market lokal domestik, ekspor dan impor sudah berkurang. Moment ini lah yang sebaiknya kita manfaatkan oleh para UMKM untuk bisa mendominasi produk-produk UMKM kita," katanya.

Di sisi lain, Teten juga mengatakan pemerintah sudah memiliki beberapa program yang diberikan kepada para UMKM untuk meningkatkan daya saing yang tinggi serta berkualitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Kementerian Koperasi saja saat ini, sudah melakukan beberapa program yang telah diinisiasi. Seperti program Kakak Asuh KUMKM yang menggaet perusahaan-perusahaan e-commerce untuk bekerjasama.

"Dalam program itu, para UMKM kita akan diberi pelatihan, bimbingan serta semua materi-materi yang dibutuhkan untuk menciptakan market digital dan berdaya saing. Program ini juga kami inisiasi bersama dengan e-commerce lain untuk bekerja sama," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.