Kompas.com - 09/07/2020, 16:29 WIB
Logo bukopin Dokumentasi bukopinLogo bukopin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Rivan Purwantono mengatakan masuknya KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali mengajarkan Bukopin untuk menjadi bank global.

Sebab, karakteristik pola bisnis Bank Bukopin sama dengan Kookmin Bank yang fokus pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kookmin mengajarkan Bukopin menjadi global banker. Ini hal positif karena mereka berkomitmen memberikan kontribusinya. Mereka tidak pernah menghilangkan pola bisnis seperti di negara asalnya," kata Rivan dalam webinar Infobank, Kamis (9/7/2020)

Baca juga: Soal Redenominasi, Sri Mulyani: Itu Selalu Ada di Dalam Prolegnas

Rivan menuturkan, 57 persen kredit Bank Bukopin disalurkan ke UMKM. Sementara itu, 24 cabang luar negeri Kookmin Bank terus berfokus ke UMKM. Kekuatan bisnis di negara asalnya pun berada di sektor mortgage dan UMKM.

Kesamaan ini membuat terjadinya transfer knoledgwe sehingga Bukopin bisa belajar banyak dari Kookmin.

Apalagi Kookmin merupakan salah satu bank dengan aset besar di Asia. Untuk mengembangkan bisnis dengan baik, kini Kookmin Bank telah menempatkan 2 orang ahli di risk management dan kursi komisaris.

"Jadi masuknya Kookmin adalah kesempatan bagi kami," pungkas Rivan.

Baca juga: Ekonom: Penyelamatan Bank Bukopin Jadi Prioritas Utama

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X