Alami Kecelakaan Kerja Selama WFH Tetap Ditanggung BPJamsostek

Kompas.com - 09/07/2020, 17:52 WIB
Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto melakukan peninjauan langsung di Kantor Cabang BPJamsostek Depok, Jawa Barat, pada hari Kamis (25/06/2020). (Dok. BPJamsostek) Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto melakukan peninjauan langsung di Kantor Cabang BPJamsostek Depok, Jawa Barat, pada hari Kamis (25/06/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto memastikan bahwa peserta BPJamsostek yang mengalami kecelakaan kerja selama bekerja di rumah (work from home/ WFH) tetap akan mendapat perlindungan.

"Pekerja di rumah atau WFH mengalami kecelakaan ini bagaimana statusnya? Ini kami anggap sebagai kecelakaan kerja. Ini menjadi wilayah tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan," katanya dalam webinar virtual, Kamis (9/7/2020).

"Jadi rekan-rekan sekalian yang bekerja di rumah tapi mengalami kecelakaan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Pelayanan BPJamsostek Krishna Syarif. BPJamsostek tetap akan menanggung jaminan perlindungan kecelakaan kerja selama WFH.

Baca juga: Klaim Jaminan Hari Tua BP Jamsostek Naik 4 Kali Lipat, Kenapa?

Sebab, aturan itu tersebut sudah menjadi pembahasan BPJamsostek. Dan perusahaan pun telah berkoordinasi kepada BPJamsostek terkait pekerja yang menjalani pekerjaan di rumah selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

"Selama mereka working from home maupun di kantor, ada namanya ketentuan internal kita yang perlu dipahami. Kita tetap memberikan perlindungan. Biasanya perusahaan memberikan instruksi siapa saja yang bekerja di rumah, itu menjadi rujukan kita," jelasnya.

Walaupun bekerja di rumah, lanjut Khrisna, tetap menjadi perlindungan jaminan kecelakaan kerja bagi BPJamsostek. Dia mencontohkan kecelakaan kerja selama WFH yang dimaksud seperti penyakit jantung.

"Jangan khawatir, kita semua yang menjadi peserta yang bekerja dari kantor ke rumah, kita main dalam perlindungan program," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X