Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi Pudjiastuti: Di Masa Pandemi Harus Optimistis, tapi Jangan Ambisius...

Kompas.com - 10/07/2020, 10:19 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyarankan masyarakat harus tetap punya rasa optimistis di masa pandemi Covid-19.

Namun, rasa optimistis itu tidak boleh dibarengi dengan rasa ambisius karena keadaan dunia masih dipenuhi ketidakpastian.

"Jadi ya optimistis, dalam arti kita tetap berusaha, tapi jangan terlalu ngoyo dan akhirnya stres, stamina turun, dan sakit. Apalagi sampai terinfeksi Covid-19. Tidak, tidak, tidak," kata Susi saat berbincang bersama Sandiaga Uno seperti dikutip dari channel YouTube Sandiuno TV, Jumat (10/7/2020).

Baca juga: Ini Cerita Susi Pudjiastuti, soal Awal Mula Tahu Ada Pencuri Ikan

Selain itu, sebut dia, masyarakat utamanya yang memiliki usaha harus buka mata, buka telinga, dan buka wawasan untuk menjadi peluang yang muncul di setiap kesempatan.

"Jadi waspada terhadap peluang bisnis. Hidup hemat, itu sangat penting sekarang ini. Jangan hambur-hamburkan uang. Tetap kaji peluang," jelas Susi.

Asal tahu saja, Susi juga berusaha bersikap optimistis saat penerbangannya tidak bisa beroperasi karena pandemi Covid-19. Padahal, sebelum terjadi Covid-19, Susi sempat memiliki rencana untuk mengekspansi bisnisnya pada Januari 2020.

Tercatat sudah ada sekitar 13.000 calon karyawan yang mendaftar di Susi Air begitu lapangan pekerjaan dibuka. Namun, rencana itu harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

"Saya tidak tahu mungkin saya akan melanjutkan membuat video untuk channel YouTube saya. Akan buat channel ala Susi, cara Susi, dan jalannya Susi (Susi way)," ungkap Susi saat ditanya rencananya di masa sulit ini.

Baca juga: Susi Pernah Borong 30 Pesawat, Sandiaga Uno: Kayak Beli Kacang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com