Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Pengadaan Air di Jawa Timur Dapat Fasilitas Pinjaman

Kompas.com - 11/07/2020, 11:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) dan PT Pembangunan Perumahan Krakatau Tirta (PPKT) menyepakati fasilitas pinjaman jangka panjang sebesar Rp 420 miliar untuk Proyek Sistem Pasokan Air Minum di Gresik, Jawa Timur.

Pinjaman Rp 420 miliar akan dicairkan sebagai Senior Term Loan. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pasokan air di daerah Gresik dengan kapasitas 1.000 liter per detik (lps).

Pasokan air akan didistribusikan ke kawasan industri serta sekitar 90.000 saluran rumah di 11 kecamatan (110 desa) dari 18 kecamatan di Kabupaten Gresik.

Baca juga: IIF Beri Penjaminan Obligasi untuk Emiten Menara Telekomunikasi

Implementasi proyek ini disiapkan oleh PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik sebagai kontrak. Konsorsium PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dan PT Krakatau Tirta Industri adalah konsorsium penawar pemenang untuk proyek.

Adapun PT Pembangunan Perumahan Krakatau Tirta dibentuk sebagai badan usaha pelaksana, yakni Sistem Penyediaan Air Gresik.

"Penandatanganan fasilitas pinjaman berjangka senior antara IIF dan PPKT ini merupakan tonggak sejarah lain bagi IIF," kata Direktur Utama PPKT Arijanto Trio Leksono dalam siaran pers, Sabtu (11/7/2020).

"Kami bercita-cita untuk menjadi tidak hanya lembaga komersial tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Kami menyadari pentingnya pasokan air, yang sangat penting bagi masyarakat kehidupan sehari-hari. Sekali lagi, kami berusaha untuk menjadi agen pembangunan melalui langkah-langkah ketekunan dan berkelanjutan," jelas Arijanto.

Baca juga: Biayai Proyek Infrastruktur, IIF Terbitkan Obligasi Rp 3 Triliun

Adapun Direktur Utama IIF Reynaldi Hermansjah menyatakan, perjalanan seribu mil, harus dimulai dengan satu langkah.

"IIF tanpa henti berupaya untuk menjadi katalis dalam mewujudkan keberlanjutan pembangunan infrastruktur lintas berbagai sektor di Indonesia," ucapnya.

Selain layak secara komersial, IIF memastikan proyek yang dibiayai oleh perusahaan bermanfaat bagi masyarakat sekitar proyek. Saat ini, portofolio pembiayaan IIF didominasi oleh proyek listrik, jalan dan bandara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com