Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Buka Suara Soal 3 Pilot yang Terjerat Kasus Narkoba

Kompas.com - 11/07/2020, 16:16 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal penangkapan tiga orang pilot, terkait kasus penyalahgunaan narkoba.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto mengatakan, pihaknya secara penuh menyerahkan proses penanganannya kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Dia memastikan, Kemenhub tidak akan mengintervensi proses hukum yang dilaksanakan pihak Kepolisian terhadap para pilot yang diduga terlibat dalam penggunaan narkoba.

Baca juga: Bos Garuda Siap Pecat Pilotnya yang Tertangkap Terkait Kasus Narkoba

“Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengapresiasi kepolisian dalam upaya pemberantasan narkoba, khususnya yang dilakukan oleh pilot ataupun personil penerbangan," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/7/2020).

Mantan Direktur Utama PT Airnav Indonesia (Persero) itu berkomitmen untuk mewujudkan penerbangan di Indonesia bebas dari penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

"Salah satu wujud komitmen itu dilakukan dengan tes narkoba atau RUN (Rapid Urine Napza) secara random dilakukan di bandara di seluruh Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Novie meminta kepada operator penerbangan untuk terus melakukan sosialisasi bahaya narkoba serta melakukan tes narkoba kepada para personilnya.

Selain itu dia mengatakan, pihaknya tidak akan melindungi personil penerbangan yang terlibat dengan narkoba.

Baca juga: Tes Narkoba untuk Pilot Akan Diintensifkan

Pemberantasan narkoba dalam penerbangan dipastikan dilakukan tidak hanya bagi pengguna jasa angkutan udara, tetapi juga kepada para personil penerbangan.

“Kami berkomitmen penuh dalam pemberantasan narkoba, demi terwujudnya penerbangan di Indonesia yang selamat, aman, dan nyaman,” ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com