KILAS

Penuhi Kebutuhan di Masa Pandemi, Belanja “Online” Jadi Solusi

Kompas.com - 11/07/2020, 17:37 WIB
Ilustrasi belanja online Dok. Pixabay/PhotomixIlustrasi belanja online


KOMPAS.com - Sejak dilanda pandemi Covid-19, masyarakat cenderung memilih berbelanja secara online untuk melengkapi kebutuhan sehari–hari yang terlihat dari meningkatnya transaksi belanja digital.

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (28/06/2020), peneliti Center for Digital Society (CfDS) Tony Seno mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, telah terjadi peningkatan transaksi belanja digital di kalangan masyarakat Indonesia sebesar 30 persen.

Belanja digital dinilai menjadi solusi tepat karena masyarakat tidak perlu ke luar rumah, sehingga dapat menghindari risiko penularan Covid-19.

Selanjutnya, masyarakat lebih memilih berbelanja online karena adanya kebijakan pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah beberapa waktu lalu.

Baca juga: Frisian Flag Indonesia dan Shopee Kumpulkan Donasi Rp 1.6 Miliar

Peningkatan aktivitas belanja online juga didorong dengan tersedianya berbagai platform dan cara pembayaran yang lebih praktis melalui perusahaan financial technology (fintech).

Terkait hal itu, dompet digital atau e-wallet menjadi salah satu fitur perusahaan fintech yang kini makin memudahkan masyarakat dalam belanja online.

Adapun, kelebihan belanja online dengan e-wallet, antara lain adalah lebih praktis karena dapat dilakukan hanya dengan gawai saja.

Selain itu, transaksi akan lebih aman dan nyaman karena tidak sembarang orang dapat mengakses dompet digital tersebut.

Baca juga: New Normal, Ada Pesta Diskon di Shopee

Pasalnya saat bertraksaksi menggunakan e-wallet, diperlukan kata sandi untuk dapat melanjutkan pembayaran.

Adanya berbagai berbagai kemudahan tersebut membuat makin banyak orang menggunakan e-wallet.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X