Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Penuhi Kebutuhan di Masa Pandemi, Belanja “Online” Jadi Solusi

Kompas.com - 11/07/2020, 17:37 WIB
Maria Arimbi Haryas Prabawanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sejak dilanda pandemi Covid-19, masyarakat cenderung memilih berbelanja secara online untuk melengkapi kebutuhan sehari–hari yang terlihat dari meningkatnya transaksi belanja digital.

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (28/06/2020), peneliti Center for Digital Society (CfDS) Tony Seno mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, telah terjadi peningkatan transaksi belanja digital di kalangan masyarakat Indonesia sebesar 30 persen.

Belanja digital dinilai menjadi solusi tepat karena masyarakat tidak perlu ke luar rumah, sehingga dapat menghindari risiko penularan Covid-19.

Selanjutnya, masyarakat lebih memilih berbelanja online karena adanya kebijakan pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah beberapa waktu lalu.

Baca juga: Frisian Flag Indonesia dan Shopee Kumpulkan Donasi Rp 1.6 Miliar

Peningkatan aktivitas belanja online juga didorong dengan tersedianya berbagai platform dan cara pembayaran yang lebih praktis melalui perusahaan financial technology (fintech).

Terkait hal itu, dompet digital atau e-wallet menjadi salah satu fitur perusahaan fintech yang kini makin memudahkan masyarakat dalam belanja online.

Adapun, kelebihan belanja online dengan e-wallet, antara lain adalah lebih praktis karena dapat dilakukan hanya dengan gawai saja.

Selain itu, transaksi akan lebih aman dan nyaman karena tidak sembarang orang dapat mengakses dompet digital tersebut.

Baca juga: New Normal, Ada Pesta Diskon di Shopee

Pasalnya saat bertraksaksi menggunakan e-wallet, diperlukan kata sandi untuk dapat melanjutkan pembayaran.

Adanya berbagai berbagai kemudahan tersebut membuat makin banyak orang menggunakan e-wallet.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/05/2020), Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa pada kuartal IV 2019, pertumbuhan transaksi dengan uang elektronik mencapai 241,2 persen.

ShopeePay untuk mudahkan transaksi nontunai

Dengan adanya fenomena belanja seperti itu, ShopeePay yang merupakan fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi di aplikasi Shopee, hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Itu karena ShopeePay menawarkan fitur-fitur yang memberi banyak keuntungan dan manfaat bagi para pengguna dalam hal transaksi non-tunai.

ShopeePay ternyata tidak hanya bisa digunakan di aplikasi Shopee saja. E-wallet ini ternyata juga bisa untuk belanja offline.

Dengan fitur scan QR Code, proses pembayaran bisa selesai dalam sekejap, tanpa ada perhitungan uang dan kembalian yang merepotkan.

Baca juga: ShopeePay Gandeng JNE, Pelanggan Bisa Dapat Promo Cashback Hingga 60 Persen

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com