Ingin Berhenti Jadi Karyawan? Begini Cara Siapkan Keuangannya

Kompas.com - 12/07/2020, 12:03 WIB
Ilustrasi resign. SHUTTERSTOCKIlustrasi resign.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerja sebagai karyawan tetap, berada dalam zona nyaman dan mendapatkan penghasilan tetap menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Khususnya bagi mereka yang masih mencari kerja atau belum punya pekerjaan tetap.

Apa yang terlihat dalam dunia kerja kerap seperti ungkapan rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau. Di sisi lain, orang yang telah lama bekerja sebagai karyawan tetap justru ingin berhenti menjadi karyawan.

Bagi Anda yang saat ini sedang berada dalam titik jenuh menjadi karyawan, dan berencana keluar dari zona nyaman karier, Anda butuh persiapan matang sebelum membuat keputusan.

Hal mendasar yang perlu Anda pahami dulu adalah tidak semua orang cocok hidup sebagai “non-karyawan”. Terutama bagi mereka yang sudah memiliki keahlian khusus pada satu bidang. Jadi, tanyakan ke diri Anda, seberapa siap Anda untuk bekerja sendiri atau membangun usaha/bisnis sendiri?

Hal kedua yaitu, pahami bahwa kehilangan status karyawan berarti juga kehilangan sumber penghasilan tetap tiap bulan. Anda harus mempersiapkan diri secara finansial agar keuangan tidak kacau balau dan tetap sehat ketika Anda tak lagi mendapat gaji bulanan.

Menyoal finansial, berikut hal yang bisa Anda mulai persiapkan untuk menata masa depan lepas dari status karyawan, seperti di kutip dari Cermati.com.

1. Susun Rencana Bujet Bulanan

Tanpa penghasilan tetap, Anda perlu memiliki rencana anggaran yang tepat supaya bisa bertahan hidup dengan baik selama beberapa bulan kedepan. Rencana bujet mencakup beberapa hal seperti:

• Rincian pos-pos pengeluaran tiap bulan
• Rincian utang atau cicilan yang wajib bayar
• Besaran tabungan dana darurat yang harus dimiliki
• Jenis pengeluaran yang bisa dihemat
• Besaran modal usaha yang diperlukan jika Anda berencana merintis bisnis

2. Siapkan Dana Darurat yang Cukup

Usahakan Anda punya tabungan dana darurat dengan jumlahnya minimal 3 kali dari total pengeluaran bulanan Anda. Selama masa transisi dari karyawan ke non-karyawan, Anda perlu memiliki tabungan yang cukup untuk menyambung hidup.

Apapun rencana karier yang Anda akan lakukan selanjutnya, misalnya membangun bisnis atau menjadi freelancer, usahakan agar keuangan tetap sehat setidaknya selama 3 bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X