Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Kisahkan Semangat Tiga Pelaku UMKM yang Manfaatkan Stimulus

Kompas.com - 12/07/2020, 15:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan motivasi serta menceritakan manfaat stimulus dari pemerintah kepada para pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdampak perekonomiannya akibat wabah virus corona (Covid-19).

Sri Mulyani mencontohkan, ada tiga pelaku UMKM yang terus bertahan di masa pandemi covid selama ini dan memanfaatkan stimulus dari pemerintah yaitu Dahlia pelaku UMKM yang sumber penghasilannya dari penjahit pakaian, Agus Budiarto pedagang kuliner soto, dan Masyrifah pemilik warung makan di Jakarta.

"Meski berbeda tempat dan usaha, mereka memiliki kesamaan. Ketiganya sama-sama mengalami kesulitan karena penghasilan usahanya merosot tajam dan akibatnya kesulitan membayar cicilan kreditnya. Ketiganya sama-sama tidak putus asa dan tidak menyerah," katanya melalui keterangan postingan Instagramnya @smindrawati, Minggu (12/7/2020).

Menkeu menceritakan bahwa ketiga pelaku UMKM berbeda usaha ini telah memanfaatkan fasilitas subsidi bunga pinjaman dari pemerintah dan mempertahankan sumber penghasilan mereka di tengah pandemi covid.

Baca juga: Ini Daftar Insentif yang Bisa Didapatkan UMKM dan Syarat-syaratnya

"Juga, ketiganya bergerak cepat dan memanfaatkan fasilitas subsidi bunga kredit yang diberikan Pemerintah. Dengan diterimanya bantuan ini, mereka optimis untuk terus berusaha, bertahan, dan bangkit meneruskan lagi usaha mereka. Bagaimana menurut kalian?" ujarnya.

Tak lupa, Bendahara Keuangan negara tersebut mengapresiasi ketiga pelaku UMKM yang mau bertahan dan juga memanfaatkan stimulus dari pemerintah.

"Saya menghargai semangat kebertahanan Bu Dahlia, Pak Agus Budiarto, Bu Masyrifah, serta seluruh sahabat pelaku UMKM dimana pun berada. Juga karena telah memanfaatkan subsidi bunga kredit UMKM dengan baik," katanya.

Sebelumnya, pemerintah akan menyalurkan pinjaman modal kepada UMKM sebesar Rp 317 triliun yang akan disalurkan ke 60,6 juta rekening nasabah pelaku usaha tersebut. Hal ini sebagai upaya pemerintah memulihkan perekonomian nasional (PEN).

Pemerintah akan membantu 80 persen penjaminan modal kerja UMKM. Oleh sebab itu, pemerintah menargetkan penyaluran modal kerja UMKM ini bisa tersalurkan sebesar Rp 100 triliun hingga tahun 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com