Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI, Ini Profil Doni Primanto Joewono

Kompas.com - 13/07/2020, 15:50 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui pengangkatan Doni Primanto Joewono menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020-2025.

Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno mengatakan, Doni P. Joewono dipilih secara aklamasi dan sesuai dengan hasil musyawarah mufakat.

"Dipilih secara aklamasi, musyawarah mufakat," kata Hendrawan di Gedung DPR RI, Senin (13/7/2020).

Lantas, Siapa Doni P. Joewono?

Sebelum menjadi Deputi, Doni merupakan Direktur Eksekutif Kepala Departemen Sumber Daya Manusia Bank Indonesia.

Baca juga: Doni Primanto Joewono Terpilih Jadi Deputi Gubernur Bank Indonesia

Mengutip keterangan Bank Indonesia (BI), Doni lahir di Surabaya pada tanggal 24 Februari 1965. Dia menempuh pendidikan sarjana di bidang Ekonomi & Studi Pembangunan, Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tahun 1988.

Kemudian, Doni melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia dengan jurusan Administrasi dan meraih gelar master pada tahun 2004.

Pada tahun 1991-1996, Doni memulai karir menjadi staf di Departemen Pengelolaan Moneter. Kemudian dia menjabat sebagai peneliti ekonomi junior di departemen yang sama hingga tahun 2000.

Pada tahun 2005 - 2007, Doni bertugas menjadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London, baru akhirnya kembali lagi ke Jakarta di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Doni tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia di berbagai provinsi. Pada tahun 2012-2013, Doni menjadi Kepala Perwakilan Solo.

Pada 2015-2018, Doni menjadi Kepala Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, kemudian pada tahun 2018, Doni menjadi Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Saat berada di lingkungan bank sentral, Doni banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan terbitnya obligasi Pemerintah, membangun sistem lalu lintas devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Rakornas TPID.

Dia pernah mendapat dua kali penghargaan sebagai TPID terbaik di Solo tahun 2012 dan di Jakarta tahun 2018. Doni juga telah mengikuti Program Pendidikan Lemhanas pada tahun 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com