DPR: Pengumuman Resmi Doni P Joewono Sebagai Deputi Gubernur BI Dilakukan di Paripurna

Kompas.com - 13/07/2020, 17:05 WIB
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono. Dok BANK INDONESIA Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi XI Eriko Sotarduga mengatakan Doni P. Joewono yang terpilih sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia dalam musyawarah internal bakal diumumkan secara resmi dalam Rapat Paripurna.

Namun, dia belum bisa memastikan kapan rapat paripurna yang mengumumkan nama Doni P. Joewono dilangsungkan. Intinya, rapat bakal diadakan sebelum masa reses.

"Besok (Selasa, 14/7/2020), ada Paripurna tapi terlalu mepet. Tapi hari Kamis ada paripurna terakhir sebelum reses. (Rapat diadakan) sebelum reses," kata Eriko di Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI, Ini Profil Doni Primanto Joewono

Eriko berujar, ada beberapa alasan nama deputi Gubernur BI yang terpilih baru diumumkan hari ini. Dia bilang, DPR memberikan kesempatan kepada semua partai untuk memberikan suara dan tanggapan terkait pemilihan Deputi Gubernur BI.

Di rapat hari ini, ada total 14 anggota hadir mewakili 9 Kapoksi masing-masing meyampaikan pendapat dan penilaiannya terhadap ketiga Calon Deputi Gubernur BI yakni Juda Agung dilanjutkan oleh Aida S. Budiman kemudian Doni Primanto Joewono

"Jujur saja sejak hari Rabu kami belum mendapat kesepakatan dan kami betul betul memberikan kesempatan kedapa semua partai hingga pada hari ini jam 14.00 WIB ini telah diputuskan setelah konsul dengan pimpinan partai," papar Erico

Setelah dimusyawarahkan, terpilihlah nama Doni P. Joewono sebagai Deputi Gubernur BI periode 2020-2025.

"Bagi yg belum (terpilih), jangan khawatir pada saat yang akan datang akan ada lg pemulihan deputi gubernur 2022 dan tahun 2023," pungkasnya.

Sebagai informasi, Doni telah melangsungkan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Rabu, (8/7/2020) yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Dia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia Bank Indonesia.

Doni merupakan salah satu nama yang diajukan presiden RI, Ir. H. Joko Widodo kepada DPR RI sebagai calon pengganti Erwin Rijanto yang telah berakhir jabatannya pada bulan Juni 2020.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X