Wamendag: Game Online Bisa Jadi Terobosan Baru Tingkatkan Ekspor

Kompas.com - 13/07/2020, 18:42 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga, saat menghadiri pertemuan Special ASEAN Economic Ministers on Covid-19 Response secara virtual. DOK. Humas Kementerian PerdaganganWamendag Jerry Sambuaga, saat menghadiri pertemuan Special ASEAN Economic Ministers on Covid-19 Response secara virtual.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyebut, di era digital seperti saat ini, game online dapat menjadi salah satu terobosan komoditas eskpor.

Menurutnya, diversifikasi memang diperlukan sehingga tak hanya melulu berbentuk komoditas fisik seperti yang sudah selama ini dilakukan.

" Game online itu bisa jadi salah satu alternatif produk kita untuk diekspor. Selama ini kita mungkin banyak ekspor produk migas dan non migas, tetapi kita lihat juga ada terobosan lain seperti game online," ujar Jerry dalam webinar I'M Gen Z: Extraordinary Policy Perdagangan Indonesia, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Game Online Bisa Bebani Neraca Pembayaran, Kok Bisa?

Jerry menjelaskan, ada beberapa pertimbangan yang bisa menjadikan game online sebagai alternatif komoditas ekspor.

Antara lain, ongkos ekspor game online lebih efisien, sebab tak butuh biaya logistik untuk distribusinya.

Kemudian, industrinya melibatkan banyak pihak, mulai dari produsen hingga konsumen yang tersebar di banyak tempat di berbagai belahan dunia.

"Game onlline bisa menarik banyak pengguna, tidak hanya dari masyarakat kita, tapi juga di luar negeri dengan sistem online yang terintegrasi," ungkapnya.

Tak hanya itu, Jerry mengatakan, game online juga memiliki nilai bisnis yang besar. Maka tak aneh bila banyak negara yang kini menjadikannya sebagai salah satu pemasukan devisa.

Baca juga: Joki Game Online, Profesi Sambilan Namun Penghasilan Menggiurkan

Salah satunya adalah Korea Selatan yang sudah menerapkan game online sebagai komoditas ekspor, di samping industri K-Pop yang memang menjadi penyumbang terbesar negara itu.

"Itu artinya game online memang bisa jadi suatu terobosan alternatif yang menghasilakn benefit, pemasukan negara, dan devisa," kata Jerry.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X