Jack Ma Jual Sahamnya di Alibaba Senilai 8,2 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 14/07/2020, 12:34 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri Alibaba Jack Ma telah menjual miliaran dollar sahamnya lantaran saham perusahaan tersebut melejit hingga 50 persen setahun terakhir.

Jack Ma yang merupakan salah satu orang terkaya di China memangkas kepemilikan sahamnya di Alibaba jadi hanya 4,8 persen dari sebelumnya 6,2 persen.

Namun demikian, di dalam laporan tahunan perusahaan, tidak dijelaskan kapan Ma melakukan transaksi penjualan saham serta total nilai saham yang dia jual.

Dikutip dari CNN, Selasa (14/7/2020, jika dihitung berdasarkan harga pasar saham Alibaba saat ini, maka penjualan saham tersebut bakal bernilai sekitar 8,2 miliar dollar AS atau Rp 118,08 triliun (kurs Rp 14.400).

Baca juga: Freddy Widjaya Gugat Pembagian Warisan, Ini Gurita Bisnis Sinar Mas

Ma telah memutuskan untuk pensiun dari jabatannya sebagai CEO tahun lalu saat berusia 55 tahun. Kala itu, Ma mengatakan ingin fokus menggunakan waktunya untuk kegiatan filantropi.

Adapun pada Mei lalu, Alibaba mengatakan platform digital mereka memiliki porsi seperenam dari seluruh penjualan ritel di China dan diproyeksi bakal tumbuh lebih besar seiring dengan pandemi Covid-19 yang mendorong konsumen dan bisnis berjalan secara online.

"Kami percaya ada kenormalan baru yang terjadi meski pandemi usai," ujar CEO Alibaba Daniel Zhang.

Saat ini, Alibaba memiliki valuasi pasar mencapai 705 miliar dollar AS, membuat perusahaan China tersebut lebih bernilai dibandingkan Facebook.

Baca juga: Perkebunan Nusantara Group Buka Lowongan Kerja, Tertarik?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.