Pekan Ini, Rupiah Diprediksi Bergerak di Rp 14.400 hingga Rp 14.600 Per Dollar AS

Kompas.com - 14/07/2020, 17:40 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Economist PT Bank CIMB Niaga Tbk Adrian Panggabean memperkirakan rupiah bakal bergerak di rentang Rp 14.400 hingga Rp 14.600 per dollar AS dalam sepekan ke depan.

Dia menuturkan, rentangnya melebar sebesar 200 poin disebabkan oleh pergerakan bebas nilai tukar karena sejumlah faktor yang terus bergerak di pasar keuangan.

“Saya memperkirakan nilai tukar (kurs) rupiah hari ini dan sepanjang minggu ini, akan bergerak di rentang 14.400-14.600 per dolar Amerika Serikat (AS). Sentimen tidak ada, sehingga menyebabkan rupiah bisa bergerak bebas pada minggu ini," kata Adrian dalam siaran pers, Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Singapura Resesi, Rupiah Ikutan Melemah

Sementara terkait neraca perdagangan yang tak lama lagi diumumkan, Adrian melihat data tersebut sudah di price-in oleh pasar.

"Karena dinamika aktivitas perekonomian agak lemah sehingga impor akan turun dan ekspor juga masih belum kembali normal," pungkas Adrian.

Sebagai informasi, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg Selasa (14/7/2020) rupiah ditutup pada level Rp 14.450 per dollar AS atau melemah 25 poin sebesar 0,17 persen dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.424 per dollar AS.

Pelemahan rupiah disebabkan oleh sentimen memburuknya ekonomi Singapura sebagai penyumbang investasi terbesar di Indonesia. Hari ini Singapura resmi mengalami resesi dengan ekonomi minus 41,2 persen pada kuartal II tahun 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X