Gandeng PT PP dan Himbara, Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut

Kompas.com - 15/07/2020, 17:12 WIB
Sirkuit Mandalika Foto: MGPASirkuit Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism
Development Corporation ( ITDC) menyatakan fokus menyelesaikan pembangunan Mandalika Street Circuit ( Sirkuit Mandalika).

Ini untuk menyambut penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang direncanakan dihelat pada akhir tahun 2021.

Guna mempercepat penyelesaian pembangunan, ITDC menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pembangunan Sirkuit Mandalika dengan PT PP (Persero) Tbk atau PT PP senilai Rp 900 miliar.

Baca juga: Kinerja ITDC Terdampak Covid-19, Bagaimana Nasib Proyek Sirkuit Mandalika?

Selain itu, ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota Himbara yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan sirkuit.

"Kerja sama antara ITDC, PP dan Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah event MotoGP 2021," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam keterangan tertulis, Rabu (15/7/2020).

Melalui kolaborasi antar BUMN ini akan dilakukan pembangunan yang menggunakan skema Pre-Financed Project dalam rangka pengembangan kawasan Sirkuit Mandalika di lahan seluas 52,5 hektar di dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika, NTB.

“Kami optimistis kerja sama ITDC dengan PT PP akan mendukung percepatan pembangunan proyek nasional Mandalika Street Circuit yang akan digunakan untuk menggelar event dunia MotoGP Indonesia mulai tahun 2021," ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer.

Baca juga: ITDC Lanjutkan Program Pencegahan Corona di Mandalika

Abdulbar menyatakan, dengan menggandeng PT PP yang merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi dengan keahlian dan pengalaman dalam bidang konstruksi, properti, Engineering Procurement Construction (EPC), dan investasi Himbara, pihaknya yakin akan merampungkan sirkuit jalan raya berkualitas internasional dan sesuai standar yang ditentukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) serta dapat selesai sesuai jadwal.

Saat ini progres atas pekerjaan-pekerjaan awal, termasuk pekerjaan persiapan dan pekerjaan ground
work, proyek pembangunan sirkuit Mandalika telah mencapai 40 persen.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X