KILAS

Program #TerusUsaha Grab Bantu Digitalisasi UMKM di Bandarlampung

Kompas.com - 15/07/2020, 21:37 WIB
Grab resmi meluncurkan program #TerusUsaha di Kota Bandarlampung, Rabu (15/7/2020). DOK. GRAB INDONESIAGrab resmi meluncurkan program #TerusUsaha di Kota Bandarlampung, Rabu (15/7/2020).
|

KOMPAS.com – Guna mempercepat proses transformasi digital ratusan ribu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bandarlampung dalam menyambut era tatanan baru, Grab resmi meluncurkan program #TerusUsaha di kota ini, Rabu (15/7/2020).

Sebagai program yang mendukung inisiatif #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah, #TerusUsaha mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM.

Selain itu, Grab akan memfasilitasi iklan gratis untuk membantu UMKM meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Grab pun meluncurkan microsite yang dirancang khusus bagi UMKM untuk memberikan tips dan pengetahuan penting agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Luncurkan #TerusUsaha di Manado, Grab Bantu UMKM Bertransformasi Digital

Dalam beberapa tahun terakhir, kehadiran para pekerja informal dan gig worker di Kota Bandarlampung memang tampak semakin menggeliat.

Dinas Koperasi dan UKM (Depkop) Provinsi Lampung bahkan mencatat pada awal 2018 terdapat 157.922 pelaku UMKM di Bandarlampung dengan sebanyak 64 persen di antaranya merupakan pelaku usaha berskala mikro.

Menjamurnya para gig workers ini membuat sektor UMKM menyerap banyak tenaga kerja dan juga menjadi salah satu tulang punggung bagi perekonomian Bandarlampung.

Grab, sebagai aplikasi on demand di Indonesia pun cukup memainkan perannya dalam menggeliatkan perekonomian di kota yang terletak di Selatan Pulau Sumatera ini.

Berdasarkan riset yang dilakukan Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, gig workers di empat layanan Grab di Bandarlampung secara keseluruhan berkontribusi sebesar Rp 471 miliar pada perekonomian Bandarlampung medio 2019.

Baca juga: Dukung UMKM di Masa New Normal, Grab Luncurkan Program #TerusUsaha

Dua hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan untuk digitalisasi dan peningkatan kapasitas UMKM untuk bisa terus berkembang merupakan sebuah keniscayaan agar ketangguhan ekonomi di Kota Bandarlampung dapat terjaga di masa new normal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X