Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rest Area Tol Balikpapan-Samarinda Sudah Beroperasi Fungsional

Kompas.com - 16/07/2020, 21:02 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Related Business (JMRB) memfungsionalkan area peristirahatan (rest area) kilometer 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda karena telah memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari mengatakan, rest area di jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut telah dilengkapi oleh beragam fasilitas utama. Diantaranya adalah area parkir, toilet gratis, sarana ibadah, area kuliner, mini market, dan SPBU.

“Meski masih beroperasi secara fungsional, rest area Km 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda arah Balikpapan sudah dilengkapi oleh fasilitas utama yang memenuhi SPM. Termasuk SPBU Modular,” kata Tita melalui keterangan rilisnya, Kamis (16/7/2020).

Baca juga: Ini Kata Telkom Soal Kebocoran Data Pelanggan Telkomsel

Lebih lanjut Tita menjelaskan, saat ini lahan parkir yang tersedia di rest area seluas 4,5 hektare itu berkapasitas sekitar 150 kendaraan kecil, dan 30 kendaraan besar. Sementara untuk toilet gratis, saat ini sudah terdapat di dua titik, toilet utama dan toilet di area masjid.

“Nantinya fasilitas di rest area Km 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan terus berkembang pada pembangunan tahap selanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan tol, termasuk area komersial,” ujarnya.

Tita menambahkan, pihaknya membuka peluang bagi para pebisnis lokal untuk mengembangkan usahanya di sana. Sebab, seperti rest area yang dikelola oleh PT JMRB lainnya, rest area Km 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki sejumlah ruang usaha bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo pada 17 Desember 2019, telah meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi II, III, dan IV (Samboja-Samarinda) sepanjang 58,47 kilometer. Sepanjang jalan tol tersebut mulai difasilitasi area peristirahatan bagi pengemudi yang melintas.

Baca juga: Menhub Tawarkan Proyek Transportasi Ibu Kota Baru ke ASEAN-China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com