Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, IHSG Dibuka Melemah

Kompas.com - 17/07/2020, 09:34 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka pada zona merah di awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (17/7/2020).

Melansir data RTI, pukul 09.08 WIB, IHSG berada pada level 5.075,89 atau turun 22,47 poin (0,44 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 5.098,37.

Sebanyak 120 saham melaju di zona hijau dan 131 saham di zona merah. Sedangkan 157 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 512 miliar dengan volume 580 juta saham.

Baca juga: IHSG Diprediksi Melemah, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Indeks saham Asia pagi ini dibuka positif, di mana indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,86 persen, indeks Shanghai Komposit naik 0,63 persen, indeks Nikkei Tokyo juga naik 0,07 persen, dan indeks Strait Times naik 0,28 persen.

Sebelumnya, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan pelemahan IHSG hari ini terjadi karena sentimen kenaikan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia dan global.

Selain itu, aksi ambil untung alias profit taking pada saham-saham teknologi mendorong indeks untuk bergerak turun.

“Indeks hari ini bisa melemah, faktor utamanya adalah jumlah kasus virus Covid-19 yang kembali naik. Selain itu, di AS saham teknologi mengalami profit taking karena selama pandemi saham teknologi dianggap untung,” ungkap Hans kepada Kompas.com, Jumat. 

Sementara itu, Indeks saham Eropa kemarin ditutup negatif dengan penurunan indeks FTSE 0,67 persen dan indeks Xetra Dax 0,43 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com