Erick Thohir: BUMN Akuisisi Perusahaan Asing Bukan untuk Gaya-gayaan

Kompas.com - 17/07/2020, 12:53 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir  (kanan) dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin berjalan keluar dari pintu belakang Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Rabu (7/7/2020). Kehadiran Menteri Erick untuk berdiskusi terkait Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). ANTARA FOTO/Adam Bariq/app/aww.
 ANTARA FOTO/ADAM BARIQMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kanan) dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin berjalan keluar dari pintu belakang Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Rabu (7/7/2020). Kehadiran Menteri Erick untuk berdiskusi terkait Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). ANTARA FOTO/Adam Bariq/app/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, langkah perusahaan plat merah mengakuisisi perusahaan asing bukan untuk gaya-gayaan.

Menurut Erick, langkah itu diambil semata-mata untuk memperbaiki supply chain di Indonesia.

“Ini yang kita harapkan dengan kita mengakuisisi beberapa perusahaan yang ada di luar negeri tujuannya simpel, yaitu memperbaiki supply chain kita. Bukan suatu program yang istilahnya gaya-gayaan. Tapi Ini benar-benar harus bisa memperbaiki ekosistem dari bangsa kita,” ujar Erick di Kementerian Luar Negeri, Jumat (17/7/2020).

Baca juga: Erick Thohir dan Menlu Retno Mau Bawa BUMN "Go Global"

Erick menambahkan, Indonesia memiliki dua keunggulan. Pertama, pasar Indonesia besar dan kedua, sumber daya alamnya melimpah.

Hal ini yang harus dimanfaatkan untuk menjadikan Indonesia negara besar di dunia.

“Tapi di dua pihak lain seperti logistik dan teknologi kita masih kekurangan. Nah hal-hal ini yang kita harus perbaiki,” kata Erick.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memperbaiki itu semua, Kementerian BUMN akan bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri agar produk-produk Indonesia bisa ekspansi ke luar negeri.

“Insyaallah manfaatnya untuk kita semua, dan sudah saatnya Indonesia setara, bahkan lebih besar dari negara lain,” ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.