Juni 2020, Bank Mandiri Salurkan Kredit Digital Rp 192,8 Miliar

Kompas.com - 17/07/2020, 18:53 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit digital sebesar Rp 192,8 miliar pada akhir Juni 2020. Kredit digital tersebut diberikan kepada 6.639 debitur.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang mengatakan, penyaluran kredit via platform digital dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Hal itu juga merupakan salah satu strategi bisnis yang diterapkan untuk menjadi bank digital moderen.

"Sebagai bentuk dukungan pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah, kami siap meningkatkan penyaluran kredit digital secara channeling ini dengan merangkul lebih banyak lagi platfom online," kata Donsuwan dalam siaran pers, Jumat (17/7/2020).

Baca juga: Cara Akses Kredit Bank Mandiri Anti Ribet

Sebagai informasi, Bank Mandiri telah bekerja sama untuk menyalurkan kredit digital, yakni Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Amartha, Crowde, Investree, Akseleran, dan Koinworks.

Donsuwan memaparkan, channelling dengan e-commerce dan pinjol dilatarbelakangi oleh keinginan untuk membuka target pasar baru, yaitu pelaku usaha yang secara ukuran bisnisnya sudah layak, namun belum bankable.

Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi oleh e-commerce maupun tekfin dalam penyediaan alternatif data sangat membantu perbankan untuk pengembangan scoring kredit sesuai dengan karakteristik target market UMKM.

"Jadi meskipun dilakukan secara online, kami tetap memastikan bahwa pembiayaan model non tradisional ini akan memenuhi prinsip kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG)," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X