Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Genjot Ekspor Kopi hingga Keripik ke Kanada

Kompas.com - 17/07/2020, 20:31 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus menggenjot peningkatan ekspor Indonesia. Salah satunya dengan menyasar peningkatan ekspor produk makanan dan minuman (mamin) ke Kanada.

Hal ini dilakukan dengan menggelar penjajakan kesepakatan dagang (business matching) antara pelaku usaha Indonesia dengan Kanada yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver.

Pertemuan secara virtual tersebut diikuti 36 eksportir mamin asal Indonesia dan 8 importir Kanada yang berlangsung pada Kamis (16/7/2020).

Baca juga: Pemerintah Salurkan Kredit Online Rp 4,2 Triliun untuk 1 Juta UMKM

“Kementerian Perdagangan akan terus menggencarkan strategi pengembangan ekspor di tengah pandemi Covid-19. Business matching virtual ini menjadi salah satu langkah yang tepat di tengah pembatasan pertemuan tatap muka,” jelas Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam keterangan resminya, Jumat (17/7/2020).

Adapun produk mamin yang ditawarkan antara lain kopi, teh, minuman jahe, bumbu masak, berbagai saus siap pakai, rempah-rempah, makanan laut, keripik, mi instan, sarang burung walet, dan produk berbahan baku gula (confectionery products).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Kasan menambahkan, saat ini industri mamin olahan menghadapi tantangan ekspor yang cukup berat karena pandemi Covid-19 menyebabkan pembatasan sosial.

Menurutnya, kebijakan karantina yang diberlakukan banyak negara tujuan ekspor, termasuk negara-negara pemasok bahan baku di dunia, tidak menyurutkan upaya untuk menggenjot ekspor produk mamin olahan Indonesia.

Baca juga: Daftar 5 Merek Paling Mahal Asal Jepang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com