Pesan Sri Mulyani ke Generasi Milenial: Pelihara Kegelisahan...

Kompas.com - 18/07/2020, 19:20 WIB
Ilustrasi wartawan mewawancarai pejabat ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAIlustrasi wartawan mewawancarai pejabat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan anak muda untuk banyak menyerap hal positif. Hidup di zaman serba digital seharusnya bisa membuat generasi milenial lebih mudah menyerap hal baik karena tak terikat jarak dan waktu.

Wanita yang kerap disapa Ani menuturkan, teknologi yang merupakan bagian dari cara hidup milenial membuatnya menjadi orang yang lebih terkoneksi dan percaya diri.

"Jadi karakter atau ciri utama yang harus dimiliki anak muda adalah open minded. Kalau Anda diberi akses banyak sekali, tapi pikiran Anda tertutup, Anda akan jadi orang yang tidak bisa mendapat manfaat dari aset yang Anda miliki," kata Sri Mulyani, Sabtu (18/7/2020).

Baca juga: Sri Mulyani: Soal Utang Kita Bisa Berdebat, Tetapi Jangan Pakai Benci

Mantan Direktur Bank Dunia ini menyebut, jiwa positif anak muda mampu membuatnya lebih minim berpikiran negatif, yang biasanya menjadi beban pada masa kini dan masa depan milenial.

"Yang positif saja tantangannya sudah banyak, apalagi kalau ditambah dengan cara berpikir negatif, curiga, bagaimana membuat orang lain susah, tidak suka lihat orang lain bagus. Bukannya malah tertantang," sebut Ani.

Ani juga menyarankan agar selalu memelihara kegelisahan agar terus memacu diri menjadi lebih baik. Selanjutnya, milenial harus pintar-pintar berkolaborasi.

"Dua hal yang paling penting adalah integritas dan kompetensi. Integritas bukan masalah kalian enggak korupsi, integritas itu apakah Anda punya kesetiaan kepada prinsip yang baik," pungkas Ani.

Baca juga: Ditanya Soal Gaji Ke-13, Sri Mulyani: Nanti Aja Yah...



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X