KILAS

Mentan SYL Minta Petani Ikuti Perkembangan Teknologi di Era 4.0

Kompas.com - 19/07/2020, 18:21 WIB
Kementan mengimbau petani untuk menyambut era 4.0 dan menggunakan alsintan guna menambah produktivitas. DOK. Humas KementanKementan mengimbau petani untuk menyambut era 4.0 dan menggunakan alsintan guna menambah produktivitas.


KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan, petani Indonesia harus mengikuti perkembangan teknologi di era 4.0.

" Petani Indonesia tidak boleh tertinggal karena banyak inovasi teknologi dan mekanisasi yang dibuat untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” kata Mentan SYL, Minggu (19/07/2020).

Oleh karenanya, ia kembali meminta petani untuk memanfaatkan mekanisasi atau alat mesin pertanian ( alsintan) dengan lebih maksimal.

Ia pun mencontohkan, para petani di Nagori Sordang Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang mulai memanfaatkan alsintan untuk membantu aktivitas pertaniannya.

Baca juga: Kementan Terus Kembangkan Pertanian Berbasis Mekanisasi

"Para petani disana sudah memanfaatkan hand traktor atau traktor tangan untuk mengolah lahan," sambung Edhy seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal senada juga disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy.

Menurut dia, dengan menggunakan hand traktor, pengolahan lahan bisa membuat petani di Nagori Sordang Baru tersebut lebih cepat dan efektif saat melakukan penanaman dan menghasilkan produksi.

“Kami berharap dengan penggunaan alsintan produktivitas petani di Simalungun bisa terus meningkat dan mereka bisa ikut menjaga ketahanan pangan,” kata Sarwo Edhy lagi.

Baca juga: Kementan Dorong Mekanisasi Pertanian di Daerah 3T

Sebagai informasi, pengolahan lahan di Simalungun ini dibantu Personel Bintara Pembina Desa Komando Rayon Militer (Koramil) 07, Pasar Baru jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0207 Simalungun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X