Kompas.com - 19/07/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi Facebook ZDNet.comIlustrasi Facebook
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Walt Disney resmi mengumumkan kepada publik memangkas pengeluaran untuk beriklan di Facebook.

Perusahaan ini telah menyusul beberapa perusahaan lainnya seperti Coca-Cola Co dan Verizon Communication Inc serta Unilever yang telah melakukan hal yang sama.

Mengutip dari Reuters, Minggu (19/7/2020), perusahaan ini juga berencana menghentikan sementara pengeluaran iklan di Instagram milik Facebook untuk layanan streaming Hulu.

Baca juga: Sri Mulyani: STAN Perlu Perubahan Luar Biasa Banyak

"Kami tahu, kami memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan kami akan terus bekerja dengan kelompok-kelompok hak sipil dan para ahli lainnya untuk mengembangkan lebih banyak alat, teknologi dan kebijakan untuk melanjutkan perjuangan ini," kata seseorang perwakilan Facebook dalam sebuah pernyataan email.

Munculnya gelombang untuk menghentikan iklan di Facebook dilakukan menyusul surat terbuka organisasi nirlaba Liga Anti-Fitnah (Anti-Defmation League/ADL) pada 17 Juni 2020.

Mereka meminta perusahaan-perusahaan besar berhenti berbisnis dengan Facebook karena media sosial itu diklaim telah jadi ladang kebencian dan hoaks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gara-gara hal ini saham Facebook turun sebesar 8,3 persen dan terkoreksi hingga 58 miliar dollar AS dalam perdagangan bursa pada Jumat lalu (26/6/2020).

Bahkan kekayaan pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg juga menurun sebesar 7,21 miliar dollar AS dalam sehari. Hal ini membuat Zukerberg turun ke posisi 4 dalam daftar orang terkaya di dunia, di bawah bos Louis Vuitton Bernard Arnaults, pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Amazon Jeff Bezos.

Baca juga: Sebagai Menhan, Kenapa Prabowo Sibuk Urus Pertanian?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.