Ini 10 Iklan YouTube Terpopuler Periode Januari-Juni 2020

Kompas.com - 19/07/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi YouTube cnet.comIlustrasi YouTube
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Google resmi mengumumkan 10 daftar iklan di Youtube yang terpopuler di Indonesia periode Januari 2020-Juni 2020. Dalam daftar tersebut tercatat bahwa ke-10 iklan tersebut memiliki performa yang tinggi sebagai hasil dari pemanfaatan popularitas dan promosi.

Adapun deretan iklan itu yakni adalah Lazada Birthday Sale, Shopee Big Ramadhan Sale, #XperienceMore with Traveloka Xperience, imoo Watch Phone Z6, dan This is #BintangSMA 2019 Winner! oleh PocariID.

Lalu disusul dengan Cerita Rasa Teh Kotak, New Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion, P&G #MaafIbuDiHidupku, Emina Beauty Bestie Webseries, serta Solusi BCA

Baca juga: Pengembang Cowell Pailit, Bagaimana Nasib Konsumen dan Karyawan?

Creative Lead Google Indonesia Ishak Reza mengatakan bahwa ada beberapa faktor pendukung yang menunjang tingginya minat penonton untuk menyaksikan iklan-iklan tersebut. Terutama pada perpaduan audio visual atraktif dan unsur humor pada tiga detik pertama.

Ia juga berpendapat bahwa hal tersebut sangat berbeda dengan iklan yang diminati sekitar 20 tahun silam. Jika dulu dibutuhkan waktu 12 detik untuk memerhatikan dan memilih apa yang ingin ditonton, sekarang hanya butuh tiga sampai lima detik.

"Oleh karena itu, hal terpenting dari video iklan kreatif masa kini adalah bagaimana visual dan audio di tiga detik pertama dapat menghentikan penonton menekan tombol skip," ujarnya mengutip siaran resmi, Minggu (19/7/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sebagai Menhan, Kenapa Prabowo Sibuk Urus Pertanian?

Sementara itu Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, salah satu peserta yang berhasil masuk dalam 10 list terpopuler tersebut, turut mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Youtube.

Ia menyebut penghargaan ini menjadi bukti bahwa iklan Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion berhasil menarik perhatian dan mendapat respons positif dari penonton YouTube, khususnya kaum milenial.

"Iklan ini hadir sebagai wujud ide kami yang ingin memberikan informasi menarik, unik, dan sebagai program Daihatsu untuk semakin dekat dengan pelanggan milenial. Kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada YouTube atas penghargaan yang diberikan kepada kami,” kata dia.

Baca juga: Menteri Edhy Jawab Kritik: Kami Tidak Akan Mundur!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.