10 Taktik Bangkit Hadapi PHK (Bag 2)

Kompas.com - 20/07/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi bekerja freelance. SHUTTERSTOCKIlustrasi bekerja freelance.

Pada edisi pertama telah kita bahas bersama 5 Taktik Bangkit menghadapi PHK, dimana 5 taktik tersebut didesain sebagai immediate response atau respon segera sesaat mereka menjadi korban PHK.

Dan, 5 taktik tersebut fokus kepada peningkatan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual sebagai modal utama untuk bangkit.

Sekarang mari kita kupas 5 Taktik kedua yang merupakan langkah mudah untuk segera bangkit setelah menghadapi badai PHK.

Kita mulai denganTaktik Keenam yaitu Collaborative. Secara makna Taktik ini berarti kita berkolaborasi. Taktik ini dirancang untuk mendorong kita segera berkolaborasi atau bekerjasama dengan beberapa pihak yang terkait untuk paling tidak bisa survive atau bertahan hidup.

Baca juga: 10 Taktik Bangkit setelah Hadapi PHK (Bagian 1)

Ketimbang berkompetisi dan bertempur pada kondisi yang sangat sulit seperti saat ini, akan lebih baik bila kita berkolaborasi atau bekerjasama dengan prinsip saling mendukung dan saling untung.

Taktik ini bisa dilakukan dengan berkolaborasi dengan partner atau mitra untuk kebangkitan Anda.

Adapun contoh mitra yang bisa kita ajak kolaborasi adalah beberapa perusahaan start up yang bahkan diuntungkan dengan kondisi saat ini, bisa juga Anda bergabung dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau organisasi nirlaba lainnya yang sejenis, atau bisa memilih sebagai relawan kemanusiaan.

Taktik ini akan menjaga mental, fisik dan kondisi sosial kita tetap fit karena masih terus melakukan aktifitas rutin yang sempat terhenti akibat PHK, dengan bersosialisasi akan menambah energy dan ide-ide kreatif untuk bangkit, meskpun bisa jadi Anda tidak atau belum menerima income.

Kita teruskan ke Taktik Ketujuh yaitu Proactive.

Proaktif yang bermakna mengantisipasi, bertindak lebih cepat sebelum ada dampak, atau memilih respon yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X