Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 6 Karyawan di Kantor Pusat PLN Positif Covid-19

Kompas.com - 20/07/2020, 14:49 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menyatakan, terdapat 6 karyawan positif Covid-19 yang bekerja di lingkungan kantor pusat PLN, Jakarta Selatan.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, keenam karyawan tersebut dinyatakan positif setelah PLN melakukan tes usap atau swab test terjadwal dan acak beberapa pekan lalu.

Merespon temuan tersebut, PLN memutuskan untuk menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi karyawan di lingkungan kantor pusat hingga Jumat (24/7/2020) mendatang.

Baca juga: 2 Karyawan Positif Covid-19, Kantor Pusat PLN Ditutup Sementara

Agung memastikan, selama kebijakan WFH diterapkan pasokan listrik tetap aman.

Ia menjelaskan, dalam pengoperasiannya PLN didukung berbagai teknologi, seperti presensi karyawan berbasis aplikasi geotagging, mekanisme rapat berbasis daring, surat menyurat menggunakan Aplikasi Management Surat (AMS) Korporat serta penyimpanan dan transfer data kerja melalui system cloud.

"Kami pastikan pasokan listrik pelanggan tetap terjaga selama pemberlakukan konsep WFH," katanya.

Selain itu, Agung menyebutkan, petugas yang harus tetap berada di pusat-pusat pengontrolan dan pemeliharaan listrik, tetap bekerja dengan meningkatkan standar kesehatan tinggi.

"Petugas penjagaan dan pelayanan di lapangan tetap berjalan seperti biasa. Kami memahami bahwa ketersediaan listrik di rumah-rumah merupakan kebutuhan vital yang tidak boleh mengalami gangguan," ujar dia.

Baca juga: PLN Minta Masyarakat Tidak Main Layangan Dekat Jaringan Listrik

Adapun karyawan yang tetap bekerja di kantor adalah Operator, Petugas Control Room, Dispatcher, Pelayanan Teknik, Pemeliharaan, Pelayanan Pelanggan atau Contact Center, Tenaga Medis, dan sebagainya yang tidak dapat ditinggalkan secara operasional akan tetap bekerja dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

"Bagi yang bekerja protokol covid-19 kami perhatikan. Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi prima dan sehat, sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal dalam menjaga pasokan listrik bagi masyarakat," ucap Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com