Siap Hadapi New Normal, Begini Cara Sukses Berkarier Buat Fresh Graduate

Kompas.com - 20/07/2020, 14:51 WIB
Ilustrasi mencari kerja di situs pencari kerja SHUTTER STOCKIlustrasi mencari kerja di situs pencari kerja

Berkarier di era new normal di tengah terjadinya pandemi Covid-19 bisa dibilang tak mudah. Tantangan di dunia kerja menjadi bertambah, namun jangan sampai hal ini membuat kamu putus asa dalam meraih kesuksesan kariermu.

Buat kamu yang baru lulus kuliah atau fresh graduate yang lagi mencari pekerjaan pasca-PHK (pemutusan hubungan kerja), tetaplah semangat. Milikilah sikap optimistis, lakukan yang terbaik dan yakinlah kamu bisa sukses.

Menyoal sukses berkarier, semua itu tergantung pada usaha yang kamu lakukan. Peluang untuk berhasil semua orang pada umumnya sama. Misalnya, berhasil bekerja di perusahaan besar, bekerja dengan gaji tinggi atau menduduki posisi tertentu. Pembedanya adalah usaha yang kamu lakukan untuk meraih hal tersebut.

Apapun kondisimu saat ini, hindari berkeluh kesah. Persiapkan dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik, lebih produktif, dan lebih bersemangat lagi dalam mewujudkan sukses berkarir.

Intip dan praktikkan cara sukses membangun karier di era new normal, berikut ini, seperti di kutip dari cermati.com.

1. Miliki Rencana dan Lakukan

Buatlah rencana sukses karier versi kamu. Tuliskan apa saja hal yang ingin kamu raih. Misalnya, mendapatkan pekerjaan di perusahaan A, mendapatkan proyek freelancing, atau mulai membangun bisnis rumahan sendiri seperti jualan masker kain, dll.

Setelah selesai menuliskan rencana, segera lakukan aksi nyata. Tak perlu menunda-nunda terlalu lama untuk mewujdukan rencana yang sudah kamu buat. Jangan malas atau banyak alasan sebab hal itu akan merugikan kamu sendiri.

Di sisi lain, jangan ragu untuk membuat lebih dari satu rencana. Buatlah rencana yang saling bersinergi guna mempercepat proses pencapaian karier yang diinginkan.

2. Manfaatkan Jaringan Pertemanan

Jaringan yang dibangun selama ini sebaiknya kamu manfaatkan untuk membangun kesuksesan kariermu. Carilah informasi, saran, lowongan pekerjaan dan lain sebagainya dari koneksi jaringan pertemanan yang kamu miliki.

Tapi ingat, sebaiknya kamu jangan berharap berlebihan apabila kamu tidak mendapatkan informasi atau bantuan dari teman-temanmu. Sadari bahwa tidak semua orang bisa membantu, yang terpenting kamu sudah berusaha.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X